ANALISIS BIAYA MIYANG (MELAUT), SUMBER PEMBIAYAAN MELAUT DAN ANDOM (UPAH SISTEM BAGI HASIL) BELAH (ANAK BUAH KAPAL) PADA PERAHU PENANGKAP IKAN DI KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus Perahu Jenis Ijon-Ijon Payangan pada Masyarakat Nelayan di Kelurahan Brondong dan Kelurahan Blimbing

TRISCHA RELANDA PUTRA, 041314453002 (2017) ANALISIS BIAYA MIYANG (MELAUT), SUMBER PEMBIAYAAN MELAUT DAN ANDOM (UPAH SISTEM BAGI HASIL) BELAH (ANAK BUAH KAPAL) PADA PERAHU PENANGKAP IKAN DI KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus Perahu Jenis Ijon-Ijon Payangan pada Masyarakat Nelayan di Kelurahan Brondong dan Kelurahan Blimbing. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Perikanan laut memiliki peranan sangat penting pada peradaban perkembangan manusia (Fauzi, 2010:1). Pengelolaan perikanan laut membutuhkan biaya produksi untuk mendapatkan barang dan jasa. Setiap produksi selalu dihadapkan dengan permasalah biaya, modal, dan upah. Upah dalam sektor primer memakai sistem bagi hasil. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan dan menganalisis gambaran biaya melaut, sumber pembiayaan melaut, dan upah sistem bagi hasil perahu ukuran kecil, ukuran sedang, dan ukuran besar di Kelurahan Brondong dan Kelurahan Blimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, desain grounded theory, pengumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi, dan dokumen. Teknik analisisnya berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi sumber digunakan menguji keabsahan data. Hasil Penelitian menunjukkan biaya melaut tergantung kebutuhan dan ukuran perahu, sumber pembiayaan melaut berasal dari modal sendiri dan modal pinjaman tanpa adanya bunga atau jaminan, sistem bagi hasil tidak sama antara juragan satu dengan yang lain, namun pada intinya semua memenuhi upah ≥ 40%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 12/17 Put a
Uncontrolled Keywords: biaya melaut, sumber pembiayaan, upah bagi hasil.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
TRISCHA RELANDA PUTRA, 041314453002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Mursinto, Prof. Dr., Drs. Ek., M.EcUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:45
Last Modified: 19 Oct 2017 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item