PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM Desa) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI KASUS BUM DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK

ABDULLAH KAFABIH, 041414453007 (2017) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM Desa) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI KASUS BUM DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi perekonomian Desa Sekapuk sebelum dan setelah terbentuknya BUMDes Sekapuk, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan di Desa Sekapuk. Serta untuk mengetahui sejauh mana peran BUMDes Sekapuk dalam menanggulangi kemiskinan. Potensi Desa Sekapuk yang cukup tinggi belum diimbangi penurunan tingkat kemiskinan di Desa Sekapuk secara maksimal. Terdapat 295 Kepala Keluarga (KK) (17,5%) kategori keluarga miskin. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua BUMDes, Kepala Unit BUMDes, dan PJ Kepala Desa selaku co actor pelaksana BUMDes Sekapuk serta informan pendukung dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan dan manajemen BUMDes Sekapuk sebagian besar telah dilaksanakan sesuai dengan UU. No. 6 Tahun 2014, yakni melayani kebutuhan ekonomi dan/atau pelayanan umum masyarakat. BUMDes Sekapuk memberikan pelayanan air bersih (PAM) dengan total pengguna 452 Orang, dengan jumlah debit air yang dikeluarkan sebanyak 10,944M3/jam. Pinjaman modal tanpa agunan (UED-SP), Pinjaman usaha (LKMPro) dengan bunga 1,5%. Beberapa faktor yang menyebabkan ketimpangan dan kemiskinan di Desa Sekapuk antara lain, belum terkelolanya potensi desa secara maksimal seperti tambang batu kapur dan pengelolaan air bersih. Potensi tambang batu kapur dengan luas 38,226 Ha di Desa Sekapuk yang dikelola oleh PT. Polowijo Gosari masih sering terjadi konflik. Konflik yang pernah terjadi di Desa Sekapuk disebabkan karena dominasi perusahaan pengelola serta tidak adanya kompensasi kepada masyarakat. Sektor pertanian di Desa Sekapuk yang hanya mengandalkan pengairan tadah hujan juga menyebabkan tidak berkembangnya potensi pertanian di daerah ini. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa keberadaan BUMDes mampu memberikan kontribusi terhadap permasalahan ekonomi yang ada di desa seperti mengkoordinasikan lima Kelompok Tani dalam penyediaan kebutuhan pertanian, pengelolaan Unit usaha tambang BUMDes Sekapuk yang bekerjasama dengan pengelola tambang PT.Polowijo Gosari dalam memberikan ijin (SILG) mampu menjembatani paguyuban pengelola tambang dengan perusahaan, serta dapat meningkatkan pendapatan Desa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 13/17 Kaf p
Uncontrolled Keywords: Potensi Desa, BUMDes, dan Kemiskinan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsEmail
ABDULLAH KAFABIH, 041414453007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Mursinto, Prof. Dr., S.E., M.EcUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:48
Last Modified: 19 Oct 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item