EFISIENSI PERSEDIAAN POWER AMPLIFIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UD BP AUTOWORKS GRESIK

M NIZAR ANWAR, NIM: 040912252 (2017) EFISIENSI PERSEDIAAN POWER AMPLIFIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UD BP AUTOWORKS GRESIK. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 173_17 Anw e ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 173_17 Anw e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya untuk meningkatkan performa perusahaan dari aspek manajemen operasi, perusahaan akan dihadapkan pada beberapa bagian yang ada di dalamnya, salah satu diantaranya adalah persediaan (inventory). Persediaan merupakan salah satu masalah fenomenal yang bersifat fundamental dalam perusahaan. Untuk itu perusahaan harus mampu mengelola persediaan secara efektif dan efisien, sehingga secara tidak langsung dapat memberikan manfaat bagi aspek manajemen yang lain dan membuat perusahaan menjadi semakin produktif dan profitable yang secara tidak langsung juga dapat untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini dilakukan pada UD BP Autoworks yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang car audio. Bisnis yang dilakukan oleh UD BP Autoworks juga membutuhkan persediaan terutama jenis barang power amplifier. Produk yang akan diteliti terdiri atas 16 produk power amplifier yang terlebih dahulu akan dilakukan analisis penjualan untuk mengetahui stasioneritasnya. Data penelitian menggunakan data historis persediaan dan penjualan pada tahun 2015 yang diperoleh dari data internal UD BP Autoworks. Hasil analisis permintaan menghasilkan sebanyak 7 produk yang akan memiliki tingkat penjualan stasioner dan akan dilakukan analisis dengan economic order quantity (EOQ), sementara 9 produk yang lain tidak diikutkan dalam proses analisis persediaan karena tingkat penjualannya tidak stasioner. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil perbandingan perhitungan biaya dengan metode perusahaan dan metode EOQ menunjukkan bahwa terdapat 4 produk yang memiliki efisiensi biaya persediaan lebih baik dengan menggunakan metode EOQ, sementara 3 produk yang lainnya ternyata lebih efisien apabila menggunakan metode yang selama ini telah dilakukan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 173/17 Anw e
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M NIZAR ANWAR, NIM: 040912252UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantPuspandam Katias, Drs., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:56
Last Modified: 19 Oct 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64355
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item