PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PEKERJA YANG EFEKTIF TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN DIVISI TEKNOLOGI PADA PT PAL INDONESIA (Persero) SURABAYA

INA KUMALA SARI, 040730999 (2011) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PEKERJA YANG EFEKTIF TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN DIVISI TEKNOLOGI PADA PT PAL INDONESIA (Persero) SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
CD.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-sariinakum-12728-b30110-p.pdf

Download (81kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sariinakum-12728-b30110-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, tujuan pertama adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor pekerja yang efektif terhadap prestasi kerja karyawan dan tujuan kedua adalah mengetahui di antara faktor-faktor perilaku pekerja efektif tersebut, factor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan bagian Divisi Teknologi pada PT PAL INDONESIA (Persero) Surabaya. Penelitian ini didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Kelly (1988) bahwa organisasi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan sehingga organisasi dapat berhasil, maka organisasi harus memiliki bawahan atau pekerja yang efektif. Perilaku pekerja yang efektif menurut Kelly harus memenuhi empat criteria, yaitu : self management, komitmen pekerja terhadap organisasi, mempunyai kemampuan untuk membangun kompetensi diri, serta jujur, berani mengungkapkan pendapat dan bertanggung jawab. Kriteriakriteria di atas merupakan factor-faktor dari perilaku pekerja yang efektif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang karyawan, dimana penarikan sampel dilakukan dengan metode stratified proportional random sampling sebesar 25% dari jumlah karyawan masing-masing departemen. Alat uji digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan model regresi linear berganda sebagai berikut : Y = -0.726 + 0.327 X1 + 0.184 X2 + 0.495 X3 + 0.152 X4 Nilai koefisien determinan (R2) adalah sebesar 0,834, yang berarti hal tersebut menunjukkan sebesar 83,4 % variabel prestasi kerja karyawan mampu dijelaskan oleh variabel kemampuan mengelola diri sendiri(X1), komitmen terhadap organisasi(X2), kemampuan membangun kompetensi diri(X3), Jujur, berani mengungkapkan pendapat, dan bertanggung jawab (X4), sedangkan sisanya 16,6 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Secara simultan variabel kemampuan mengelola diri sendiri (X1), komitmen terhadap organisasi(X2), kemampuan membangun kompetensi diri (X3), Jujur, berani mengungkapkan pendapat, dan bertanggung jawab (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja (Y) karyawan Divisi Teknologi pada PT PAL INDONESIA (Persero) Surabaya. Secara parsial terdapat pengaruh semua variabel bebas terhadap bariabel tergantung dan variabel kemampuan membangun kompetensi diri merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan Divisi Teknologi pada PT PAL INDONESIA (Persero) Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 301/10 Sar p
Uncontrolled Keywords: HUMAN BEHAVIOR; ACHIVEMENT MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
INA KUMALA SARI, 040730999UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWARSONO, Dr. H., S.E., M.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 28 Feb 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 05:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item