EFEK KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa Oleifera) DENGAN DFBBX PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TERHADAP KOLAGEN TIPE 1 TULANG ALVEOLAR (Cavia Cobaya)

Karina Mundiratri, 021318076305 (2017) EFEK KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa Oleifera) DENGAN DFBBX PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TERHADAP KOLAGEN TIPE 1 TULANG ALVEOLAR (Cavia Cobaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (full text)
KTA KARINA M. ... PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Ekstraksi gigi merupakan salah satu prosedur yang umum dilakukan pada praktek kedokteran gigi. Dengan hilangnya gigi, residual ridge tidak lagi menerima stimulus yang mengakibatkan hilangnya volume tulang, baik tinggi dan lebarnya. Perubahan keadaan anatomi ini dapat menimbulkan kesulitan dalam proses pembuatan gigi tiruan, termasuk gigi tiruan implant. Oleh karena itu sangatlah penting mempertahankan alveolar ridge pada saat pencabutan. Preservasi soket merupakan suatu prosedur yang bertujuan mengurangi kehilangan tulang setelah pencabutan gigi. Salah satu jenis material xenograft yang sering digunakan adalah demineralize freeze bone bovine xenograft. Salah satu matriks penyusun tulang yang paling banyak adalah kolagen tipe-1 merupakan. Adanya peningkatan jumlah kolagen tipe-1 berarti terdapat peningkatan pembentukan tulang. Pemberian kombinasi ekstrak daun kelor dan DFBBX diharapkan dapat meningkatkan kolagen tipe-1. Tujuan: untuk mengetahui peningkatan kolagen tipe-1 pada soket pencabutan gigi yang diberi kombinasi ekstrak daun kelor dan DFBBX. Material dan Metode: 56 ekor Cavia cobaya yang dibagi menjadi empat kelompok, gigi insisivus kiri rahang bawah dicabut kemudian dilakukan preservasi soket. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol dengan pemberian PEG dalam soket pencabutan, kelompok kedua diberi DFBBX, kelompok ketiga diberi ekstrak daun kelor, dan kelompok keempat diberi kombinasi DFBBX dan ekstrak daun kelor. Pada hari ke-7 dan 30, Cavia cobaya dieksekusi dan diperiksa dengan tehnik imunohistokimia. Data penelitian dianalisis menggunakan One Way Anova dan Tukey HSD. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok yang diberi kombinasi DFBBX dan ekstrak daun kelor. Pada hari ke-7 dan 30, kelompok yang diberi kombinasi DFBBX dan ekstrak daun kelor menunjukkan jumlah kolagen tipe-1 tertinggi. Kesimpulan: kombinasi DFBBX dan ekstrak daun kelor mampu meningkatkan kolagen tipe-1 pada soket pencabutan

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PROS 11/17 Mun e
Uncontrolled Keywords: demineralize freeze bone bovine xenograft, ekstrak daun kelor, kolagen tipe-1, preservasi soket
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Prosthodontics
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Karina Mundiratri, 021318076305UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEha Djulaeha, drg,. MS., Sp.Pros (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2017 00:17
Last Modified: 20 Oct 2017 00:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item