GAMBARAN PERILAKU STANDARD PRECAUTION PADA MAHASISWA KLINIK RSGMP FKG UNAIR

NURNYA AINI DEWI, 021311133017 (2016) GAMBARAN PERILAKU STANDARD PRECAUTION PADA MAHASISWA KLINIK RSGMP FKG UNAIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 137-17 Dew g abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 137-17 Dew g fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Perilaku standard precaution termasuk dalam kategori perilaku kesehatan lingkungan (environtmental health behavior) yang bertujuan untuk menurunkan risiko penularan patogen melalui darah dan cairan tubuh lain dari sumber yang diketahui maupun yang tidak diketahui. Kebersihan tangan dan penggunaan alat pelindung diri merupakan komponen terpenting dari standard precaution dan merupakan metode efektif dalam mencegah penularan patogen yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan pada tenaga kesehatan gigi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku standard precaution pada mahasiswa klinik RSGMP FKG UNAIR dipandang dari faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku tersebut. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan variabel pengawasan, ketersediaan fasilitas, tingkat pengetahuan, jenis perawatan dan jenis kelamin mempunyai odd ratio >1. Akan tetapi hanya variabel pengawasan dan ketersediaan fasilitas yang mempunyai p value < 0.05, yakni sebesar 0.001 untuk pengawasan dan 0.023 untuk ketersediaan fasilitas. Simpulan: Dari hasil penelitian terhadap 100 orang mahasiswa klinik, 54% responden mempunyai skor diatas rata-rata. Dengan perolehan skor rata-rata perilaku standard precautions sebesar 71.8% atau 3.59 dari skor maksimal 5 yang termasuk dalam kategori kurang. Sehingga perilaku standard precaution pada mahasiswa klinik RSGMP FKG Unair perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 137-17 Dew g
Uncontrolled Keywords: Standard precaution, Mahasiswa Klinik, Perilaku, Kebersihan Tangan, Penggunaan Alat Pelindung Diri.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NURNYA AINI DEWI, 021311133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLydia Martina Santoso, drg., M.S,UNSPECIFIED
Thesis advisorRoesanto Heroesoebekti, drg., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Oct 2017 19:28
Last Modified: 22 Oct 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item