PENGARUH FAKTOR ORGANISASI DAN SELF JUSTIFICATION TERHADAP PENGURANGAN RISIKO PENULARAN PENYAKIT PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT (Dengan Berbasis Pendekatan AIDS Risk Reduction Model)

SUARNIANTI, 101217087328 (2017) PENGARUH FAKTOR ORGANISASI DAN SELF JUSTIFICATION TERHADAP PENGURANGAN RISIKO PENULARAN PENYAKIT PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT (Dengan Berbasis Pendekatan AIDS Risk Reduction Model). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI SUARNIANTI 101217087328.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Perawat senantiasa terpapar oleh berbagai kasus penyakit yang berdampak pada tingginya risiko untuk tertular. Terdapat model pengurangan risiko tertular penyakit bagi perawat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor organisasi beserta self justification terhadap pengurangan risiko penularan penyakit berbasis AIDS Risk Reduction Model (ARRM) atau model pengurangan risiko pada individu yang berisiko tertular HIV/AIDS dapat diberlakukan pada perawat dalam mengurangi risiko tertular penyakit. Metode penelitian adalah observasional analitik pendekatan longitudinal. Sampel sebanyak 119 perawat pelaksana yang bekerja di Rumah sakit umum di Makassar. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji mann-whitney, paired samplet-test dan regresi linear berganda dilanjutkan dengan analisis jalur. Hasil penelitian dan simpulan penelitian: (1) Faktor organisasi terkait pengurangan risiko penularan penyakit berpengaruh terhadap self justification perawat; (2) Faktor organisasi terkait pengurangan risiko penularan penyakit berpengaruh terhadap komitmen perawat; (3) Self justification berpengaruh terhadap labeling perawat dalam pengurangan risiko penularan penyakit; (4) Labeling perawat berpengaruh terhadap komitmen dan enactment perawat dalam pengurangan risiko penularan penyakit; (5) Komitmen perawat berpengaruh terhadap enactment perawat dalam pengurangan risiko penularan penyakit. Disarankan agar pengurangan risiko penualaran penyakit terintegrasi kedalam sistem manajemen organisasi dan perawat sebaiknya menggunakan external self justification.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 03/17 Sua p
Uncontrolled Keywords: pengurangan risiko penularan penyakit, faktor organisasi, pembenaran diri.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SUARNIANTI, 101217087328UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr. , dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 17:12
Last Modified: 23 Oct 2017 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item