ANTECEDENT DAN KONSEKUENSI PARASOCIAL INTERACTION ANTARA YOUTUBE BEAUTY VLOGGER DENGAN MILLENIALS CONSUMER (Studi pada produk kecantikan merek Maybelline)

DIAN ING TYAS DANANJAYA, 041311233246 (2017) ANTECEDENT DAN KONSEKUENSI PARASOCIAL INTERACTION ANTARA YOUTUBE BEAUTY VLOGGER DENGAN MILLENIALS CONSUMER (Studi pada produk kecantikan merek Maybelline). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.184.17 . Dan.a - ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.184.17 . Dan.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

YouTube merupakan salah satu media sosial yang menjadi sumber informasi bagi para konsumen millenials untuk membantu mereka dalam membentuk minat sekaligus pengambilan keputusan pembelian. Beragam macam video konten dengan tujuan mulai dari hiburan sampai edukasi informasi, dibuat oleh pihak independen baik perusahaan maupun individu telah tersedia di YouTube. Beauty vlogger adalah salah satu pihak yang membuat video konten di YouTube, dimana video yang mereka buat berisi tentang segala sesuatu informasi mengenai dunia kecantikan. Beberapa beauty vlogger memiliki basis pengikut berusia millenials dengan jumlah yang sangat besar, yang menjadikan mereka sebagai online opinion leader bagi para konsumen millenials. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membentuk terjadinya interaksi parasosial antara figur media (beauty vlogger) dengan pengguna media (viewers), sekaligus memahami pengaruh dari interaksi parasosial yang terjalin terhadap minat beli dan willingness to share info konsumen millenials. Penelitian ini dilakukan terhadap 181 responden millenials wanita yang pernah menonton video beauty vlogger di YouTube serta memiliki ketertarikan dengan dunia kecantikan. Pendekatan kuantitatif digunakan dan menitik beratkan pada pengujian hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis jalur (SEM) menggunakan SmartPLS 2.0. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa varibel social attractiveness, physical attractiveness, attitude homophily, dan expertise berpengaruh signifikan terhadap pembentukan interaksi parasosial antara beauty vlogger dengan viewers, selanjutnya juga ditemukan bahwa parasocial interaction yang terbentuk antara beauty vlogger dengan viewers berpengaruh signifikan terhadap willingness to share info dan brand user imagery fit, serta purchase intention. Penemuan ini memiliki implikasi penting terhadap marketing managerial dibidang sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.184/17 Dan a
Uncontrolled Keywords: Parasocial interaction, beauty vlogger, konsumen millenials dan purchase intention.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN ING TYAS DANANJAYA, 041311233246UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTanti Handriana, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 22:41
Last Modified: 17 Jan 2018 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64541
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item