MODEL TANGGAP HAMBATAN PADA TINDAKAN TIDAK AMAN PEKERJA KONSTRUKSI GEDUNG

NOORCE CHRISTIANI BEREK, 101417087331 (2017) MODEL TANGGAP HAMBATAN PADA TINDAKAN TIDAK AMAN PEKERJA KONSTRUKSI GEDUNG. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI NOORCE CHRISTIANI BEREK 101417087331.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan kerja konstruksi di Indonesia diperkirakan 31,9% dari total kecelakaan kerja pada semua sektor industri. Penyebab langsung dari kecelakaan kerja adalah tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman. Tindakan tidak aman perlu dikaji lebih mendalam dari sisi perilaku, khususnya perilaku dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan tindakan pekerja yang tidak aman dari CRM menggunakan HBM pada pekerja konstruksi pembangunan gedung. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional, dilaksanakan pada Proyek Pembangunan Kantor Gubernur Baru Provinsi NTT, dengan jumlah sampel penelitian 200 pekerja konstruksi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner dan observasi dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian dan pengetahuan berpengaruh terhadap tindakan tidak aman melalui perceived kondisi lokasi, perceived hambatan pekerja. perceived manfaat, dan sikap tentang keselamatan kerja. Pengaruh sikap terhadap tindakan tidak aman menunjukkan nilai yang paling besar demikian pula dengan pengaruh tidak langsung kepribadian terhadap tindakan tidak aman. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah perlu adanya komunikasi yang lebih baik antara subkontraktor dan pekerja bukan saja untuk membahas target kerja proyek tetapi juga untuk hal-hal terkait K3 khususnya bertindak aman dalam bekerja. Komunikasi yang dilakukan terus menerus dan berulang-ulang, diharapkan dapat mengubah perceived manfaat dan sikap pekerja agar bertindak aman dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 15/17 Ber m
Uncontrolled Keywords: tanggap hambatan, tindakan tidak aman, konstruksi, K3
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NOORCE CHRISTIANI BEREK, 101417087331UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTjipto Suwandi, Prof. Dr. , dr., M.OH., SpOKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 19:07
Last Modified: 23 Oct 2017 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item