MODEL PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DENGAN STIMULASI BERMAIN DAN BEREKREASI

NURLAILIS SAADAH, 101317087327 (2017) MODEL PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DENGAN STIMULASI BERMAIN DAN BEREKREASI. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI NURLAILIS SAADAH 101317087327.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Stimulasi oleh ibu untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak sangat perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menyusun model pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dengan stimulasi bermain dan berekreasi. Metode: Jenis penelitian ini survei atau observasional dengan rancang bangun Cross Sectional pada tahap pertama. Tahap kedua dari issue strategis dilakukan FGD dan menghasilkan modul. Tahap ketiga rancangan penelitian Quasi Experimental dengan rancang bangun Non Randomized Pre test Post test Control Group Design. Sampel penelitian ini ibu yang mempunyai anak balita dan menunggu anaknya di PAUD. Besar sampel 241 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, KPSP, skrining kit DDTK, timbangan berat badan dan pengukur tinggi badan. Analisis data menggunakan SEM. Hasil dan Analisis Penelitian: Hasil uji SEM menunjukkan bahwa model teoritis pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dengan stimulasi bermain dan berekreasi yang terdiri dari karakteristik ibu, kebutuhan dasar anak, komitmen ibu, kesehatan fisik anak, status gizi, stimulasi di PAUD, lingkungan rumah, lingkungan luar rumah, stimulasi oleh ibu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil pengujian perbedaan antara pre test dan post test pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Temuan baru penelitian ini terbentuknya model pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dengan bermain dan berekreasi, terbentuknya model struktural dimana karakteristik ibu berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, tanpa melalui kesehatan fisik anak dan lingkungan keluarga, dan tersusunnya modul. Perlu disosialisasikan pada Guru PAUD bahwa yang terpenting untuk anak usia dini adalah stimulasi bermain dan berekreasi bukan belajar membaca, menulis, dan berhitung. Diskusi dan Kesimpulan: Karakteristik ibu terutama pendidikan ibu mempunyai peran penting dan pengaruh langsung untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak selain lingkungan keluarga dan stimulasi oleh ibu, walaupun ada faktor lain yang berpengaruh tidak langsung. Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan pendidikan ibu perlu pelatihan dan penyuluhan tentang stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 23/17 Saa m
Uncontrolled Keywords: Stimulasi, Bermain, Berekreasi, Pertumbuhan, Perkembangan Anak
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURLAILIS SAADAH, 101317087327UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFendy Suhariadi, Prof. Dr. MT., Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 19:59
Last Modified: 23 Oct 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item