PEMBERIAN SPONGE AMNION TERHADAP PENINGKATAN EKSPRESI VEGF DAN JUMLAH PEMBULUH DARAH BARU PADA LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR

MOH. BASRONI RIZAL, 021514153007 (2017) PEMBERIAN SPONGE AMNION TERHADAP PENINGKATAN EKSPRESI VEGF DAN JUMLAH PEMBULUH DARAH BARU PADA LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS BASRONI .... PERPUSTAKAAN edit.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Pencabutan gigi dapat memicu terjadinya respon penyembuhan luka oleh tubuh. Metode mempercepat penyembuhan luka banyak dilakukan terutama pada penyembuhan luka disertai komplikasi, salah satunya dengan memberikan membran amnion. Membran amnion mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-fibrosis dan anti-scarring dengan imunogenitas rendah, efek reepitelisasi dan mengandung berbagai macam growth factor. Tujuan: Membuktikan pemberian sponge amnion terhadap peningkatan ekspresi VEGF dan jumlah pembuluh darah baru pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar. Metode: Sponge amnion dibuat dengan mencampur freeze–dried amnion membrane dengan gelatin 1% dan dilakukan freeze drying. Jumlah sampel 20 tikus Wistar dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 dilakukan pencabutan gigi dan tidak diberi aplikasi bahan disebut kelompok kontrol. Kelompok 2 dilakukan pencabutan gigi kemudian diaplikasi sponge amnion disebut kelompok perlakuan. Masing-masing kelompok dibagi menjadi 2 kelompok kecil yaitu tikus dikorbankan pada hari ke-3 dan ke-5. Kemudian dihitung ekspresi VEGF dan jumlah pembuluh darah baru. Analisis statistik menggunakan uji t. Hasil: Jumlah ekspresi VEGF hari ke-3 dan hari ke-5 menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan perlakuan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Hari ke-3 menunjukkan jumlah pembuluh darah baru terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan perlakuan dengan nilai p sebesar 0,018 (p<0,05). Pada hari ke-5 menunjukkan jumlah pembuluh darah baru tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan perlakuan dengan nilai p sebesar 0,260 (p>0,05). Kesimpulan: Pemberian sponge amnion dapat meningkatkan ekspresi VEGF dan jumlah pembuluh darah baru pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 18/17 Riz p
Uncontrolled Keywords: Sponge amnion, angiogenesis, penyembuhan luka pasca pencabutan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOH. BASRONI RIZAL, 021514153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorElly munadziroh, Dr. ,drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 23:16
Last Modified: 23 Oct 2017 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item