ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK LINGKUNGAN TOKO, KETERLIBATAN PADA FASHION, EMOSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN KARAKTER SITUASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDY PADA KONSUMEN TOKO ADA FASHION SURABAYA)

PRISKA AYU MARDHANI, 041411223047 (2017) ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK LINGKUNGAN TOKO, KETERLIBATAN PADA FASHION, EMOSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN KARAKTER SITUASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDY PADA KONSUMEN TOKO ADA FASHION SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.231.17 . Mar.a - ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.231.17 . Mar.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fashion merupakan industri yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan perkembanganya, fashion menjadi hal yang tidak akan pernah lepas dari perhatian setiap individu karena dapat menjadi sebuah penilaian terhadap karakter seorang individu.Fashion kini bukan sekedar sebagai pelindung tubuh, tetapi sebagai media komunikasi yang dapat menggambarkan identitas sosial, seksualitas, kelas dan juga gender.Fashion sering digunakan untuk menunjukkan nilai sosial atau status individu berdasarkan apa yang dipakai individu tersebut. Sejalan denan hal tersebut maka berkembang juga istilah keterlibatan pada fashion yang merupakan tingkat persepsi konsumen untuk menganggap penting fashion yang sedang menjadi trend di masyarakat. Konsumen cenderung untuk mengikuti fashion yang sedang berkembang dan berpakaian sesuai dengan trend fashion yang ada, dimana fashion tersebut sedang menjadi gaya yang popular dan digemari pada saat tertentu. Karena melibatkan konsumen, fashion secara langsung akan memberi efek atas perasaan kepada konsumen dikarenakan adanya produk fashion terbaru yang ada di lingkungan toko. Karakteristik lingkungan toko sendiri juga berpengaruh dalam memberikan efek terhadap emosi konsumen. Sehingga hal tersebut memunculkan keinginan untuk melakukan pembelian yang bersifat impulsif, yang dimoderasi oleh karakter situasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan atas beragam faktor yang ada terhadap keputusan pembelian impulsif yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada uji hipotesis dengan memakai teknik analisis Partial Least Square (PLS), dimana populasinya adalah seluruh konsumen Toko ADAFashion Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 150 responden dengan metode pengambilan non-probability sampling yaitu bentuk purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa Karakteristik Lingkungan Toko mempunyai pengaruh terhadap Emosi Konsumen, Keterlibatan pada Fashion mempunyai pengaruh terhadap Emosi Konsumen, Emosi Konsumen mempunyai pengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Sedangkan dimensi dari Karakter Situasional yaitu Ketersediaan Waktu terbukti tidak memoderasi hubungan antara Emosi Konsumen terhadap Pembelian Impulsif, kemudian Ketersediaan Uang dan Defisini Tugas terbukti memoderasi hubungan antara Emosi Konsumen terhadap Pembelian Impulsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.231/17 Mar a
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Lingkungan Toko, Keterlibatan pada Fashion, Emosi Konsumen, Karakter Situasional, Pembelian Impulsif.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
PRISKA AYU MARDHANI, 041411223047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMASMIRA KURNIAWATI, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 15:47
Last Modified: 17 Jan 2018 18:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item