PENERAPAN SUSTAINABLE LIVELIHOODS PADA WOMAN ENTREPRENEUR KELOMPOK BINA USAHA EKONOMI KELUARGA AISYIYAH (BUEKA) SIDOARJO

MEGA AYU WIDAYANTI, 041311433022 (2017) PENERAPAN SUSTAINABLE LIVELIHOODS PADA WOMAN ENTREPRENEUR KELOMPOK BINA USAHA EKONOMI KELUARGA AISYIYAH (BUEKA) SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FEB EI 112-17 Wid p Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 112-17 Wid p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Garis kemiskinan perkotaan di Indonesia sebesar 28,01 juta jiwa. Untuk mengurangi angka kemiskinan tersebut Pengurus Daerah Aisyiyah (PDA) Sidoarjo membentuk sebuah kelompok pemberdayaan perempuan yang bernama Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA). BUEKA memiliki kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekitar 201 unit. Sebagai kelompok pemberdayaan, BUEKA membantu para woman entrepreneur dalam meningkatkan sustainable livelihoods. Sustainable livelihoods adalah kemampuan seseorang dalam mengatasi permasalahan sosial seperti masalah keuangan maupun krisis seperti kenaikan harga. Untuk mengetahui penerapan sustainable livelihoods pada woman entrepreneur anggota BUEKA menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan descriptive research dengan strategi studi kasus pada BUEKA. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah categorical analysis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat sebuah model yang menggambarkan sebuah tahap dan keterkaitan dalam model resources pada sustainable livelihoods kelompok BUEKA yaitu human capital pada woman entrepreneur diperoleh dari peningkatan internal development program, external development program serta menerapkan Islamic personality. Kemudian, social capital of micro enterprises diperoleh melalui penerapan basic value of networking dan menggunakan path of networking. Sedangkan financial capital of micro enterprises dapat diperoleh dari liquid resources, formal resources, dan informal resources. Dengan demikian, woman entrepreneur dapat menjaga sustainability usahanya sehingga dapat berkontribusi bagi perekonomian keluarga maupun perekonomian nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB.EI.112/17 Wid p
Uncontrolled Keywords: Sustainable livelihoods, woman entrepreneur, human capital, social capital, financial capital.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MEGA AYU WIDAYANTI, 041311433022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchsania Hendratmi, Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 20 Dec 2017 17:34
Last Modified: 26 Dec 2017 15:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item