PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MELALUI PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT DAN TRUST-IN-SUPERVISOR PADA PT. PETROKIMIA GRESIK

Pinky Dwi Rachmawati, 041211233073 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MELALUI PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT DAN TRUST-IN-SUPERVISOR PADA PT. PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.241.17 . Rac.p - ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.241.17 . Rac.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi pada sebuah organisasi tidak akan pernah bisa lepas sepenuhnya dari peran sumberdaya manusia melaksanakan kegiatan operasional perusahaan. Pemimpin dalam sebuah organisasi inilah yang kemudian mengarahkan serta memotivasi sumberdaya manusia yang ada dalam melaksanakan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan organisasi. Kemampuan pemimpin dalam memotivasi dan mempengaruhi anggotanya akan berpengaruh terhadap kinerja yang diberikan oleh karyawannya. Penelitian yang dilakukan pada PT. Petrokimia Gresik ini fokus pada hubungan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui psychological empowerment dan trust-in-supervisor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja; untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap psychological empowerment; utuk mengetahui adanya pengaruh psychological empowerment terhadap kinerja; untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui psychological empowerment; untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap trust-in-supervisor; untuk mengetahui adanya pengaruh trustin- supervisor terhadap kinerja; dan untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui trust-in-supervisor. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran kuisioner kepada 38 karyawan PT. Petrokimia Gresik pada bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja; terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap psychological empowerment; terdapat hubungan yang signifikan antara psychological empowerment terhadap kinerja; terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui psychological empowerment; terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap trust-in-supervisor; terdapat hubungan yang signifikan antara trust-in-supervisor terhadap kinerja; terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui trust-in-supervisor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.241/17 Rac p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Partisipatif, Psychological empowerment, Trustin- supervisor, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Pinky Dwi Rachmawati, 041211233073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnis Eliyana, Prof. Dr. SE. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 15:51
Last Modified: 17 Jan 2018 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item