KARAKTERISASI DAN PENGARUH SEL PUNCA DARAH MENSTRUASI TERHADAP JUMLAH FOLIKEL OVARIUM Penelitian Eksperimental pada Tikus Model Kegagalan Ovarium

Birama Robby Indraprasta, dr. (2017) KARAKTERISASI DAN PENGARUH SEL PUNCA DARAH MENSTRUASI TERHADAP JUMLAH FOLIKEL OVARIUM Penelitian Eksperimental pada Tikus Model Kegagalan Ovarium. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (full text)
Penelitian dr Birama Robby Indraprasta (Prodi Obstetri & Ginekologi FK UNAIR).pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

sitotoksik kemoterapi. Sel punca darah menstruasi (MenSCs) merupakan sumber sel punca mesenkimal alogenik yang menjanjikan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi karakterisasi dan pengaruh MenSCs terhadap jumlah folikel pada tikus model kegagalan ovarium yang diinduksi cisplatin. Metode: MenSCs didapatkan dari wanita sehat dengan teknik kombinasi sentrifugasi gradien densitas dengan plastic-adherence. Kemudian diberi label PKH26 sebelum disuntikkan ke tikus. Tiga puluh tikus dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kontrol, cisplatin, dan cisplatin+MenSCs. Tikus model kegagalan ovarium dibuat dengan cara menyuntikkan cisplatin 5 mg/kgBB IP. Kemudian satu minggu setelah pemberian cisplatin, disuntikkan MenSCs 2x106 IV melalui ekor tikus. Pemeriksaan jumlah folikel dilakukan pada 2 minggu setelah pemberian MenSCs. Hasil: Analisis imunositokimia menunjukkan bahwa MenSCs mengekspresikan penanda permukaan sel punca mesenkimal (CD73, CD90, CD105). Identifikasi sel berlabel PKH26 membuktikan bahwa MenSCs telah homing menuju ovarium. Pada kelompok cisplatin+MenSCs, jumlah folikel primordial, primer, sekunder, dan tersier lebih tinggi dibandingkan kelompok cisplatin (p=0.000, p=0.016, p=0.030, p=0.019, berturut-turut). Kesimpulan: Penelitian pada tikus model kegagalan ovarium, pemberian MenSCs dengan bukti karakterisasi penanda permukaan sel punca dan homing, dapat memperbaiki perkembangan folikel ovarium yang terganggu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.OBG 10/17 Ind k
Uncontrolled Keywords: darah menstruasi, folikel, homing, penanda sel, sel punca
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Birama Robby Indraprasta, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendy Hendarto, Dr. , dr., SpOG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2017 17:06
Last Modified: 24 Oct 2017 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item