PERILAKU INOVATIF INDIVIDU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EFISIENSI : EFEK MODERASI MASTERY ORIENTATION PADA KARYAWAN TIM KREATIF MEDIA MASSA DI SURABAYA

DIAH PUSPITASARI, 041211231075 (2017) PERILAKU INOVATIF INDIVIDU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EFISIENSI : EFEK MODERASI MASTERY ORIENTATION PADA KARYAWAN TIM KREATIF MEDIA MASSA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.244.17 . Pus.p - ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.244.17 . Pus.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berjalannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menimbulkan persaingan yang ketat dimana perusahaan harus selalu berinovasi sehingga makna kata-kata “Innovate or Die” saat ini menjadi suatu hal yang semakin nyata. Ironisnya bahwa berdasarkan hasil riset Center of Innovation and Collaboration (CIC) PPM Manajemen diketahui hanya sekitar 50% perusahaan yang siap melakukan inovasi. Salah satu sektor yang mengalami dampak tersebut adalah media massa. Sepanjang tahun 2015 sedikitnya dari 117 surat kabar yang ada di Indonesia, 16 surat kabar dinyatakan telah gulung tikar (die) karena tidak mampu berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Social Exchange Theory dalam mempengaruhi perilaku inovatif individu serta mengkaji bagaimana pengaruh efficiency-oriented perspective dapat memotivasi seseorang untuk berperilaku atau tidak berperilaku inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan karyawan tim kreatif media massa di Surabaya. Jumlah sampel pada penelitian ini sebnayak 180 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dan dipilih jenis convenience sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organizational support dan workgroup relationship quality memiliki pengaruh signifikan terhadap expected positive performance outcomes tim kreatif media massa di Surabaya. Namun supervisor relationship quality tidak berpengaruh secara signifikan terhadap expected positive performance outcomes pada karyawan tim kreatif media massa di Surabaya. Selanjutnya diketahui bahwa expected positive performance outcomes memotivasi karyawan tim kreatif media massa di Surabaya untuk melakukan inovasi. Tidak ada efek moderasi mastery orientation antara expected positive performance dengan perilaku inovatif individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.244/17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Perceived organizational support, supervisor relationship quality, workgroup relationship quality, expected positive performance outcomes, innovative work behavior, mastery orientation
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAH PUSPITASARI, 041211231075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si., M.Sc.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 16:26
Last Modified: 17 Jan 2018 18:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item