DWI PUSPITASARI, 041311433132 (2017) ANALISIS REAKSI PASAR AKIBAT PENGUMUMAN PEMERINGKATAN SUKUK PERUSAHAAN DI PASAR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan-Perusahaan yang Menerbitkan Sukuk dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
FEB EI 118-17 Pus a Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FEB EI 118-17 Pus a Sec.pdf Restricted to Registered users only until 25 October 2020. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi pasar akibat adanya pemeringkatan sukuk perusahaan. Pengumuman peringkat sukuk dapat dimanfaatkan oleh investor sebagai dasar pertimbangan investasi, karena setiap corporate action perusahaan mengandung informasi didalamnya. Jika investor memanfaatkan informasi yang terkandung dalam peringkat sukuk, maka pengumuman tersebut menyebabkan pergerakan harga saham perusahaan itu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang menerbitkan sukuk dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2016. Sampel yang digunakan yaitu 18 penerbitan sukuk dan diperingkat oleh lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (PT.PEFINDO). Penelitian ini merupakan penelitian event study menggunakan metode estimasi Market-Adjusted Model dengan periode jendela selama 15 hari (t-7 hari, t0, t+7 hari). Data yang digunakan untuk menghitung abnormal return yaitu harga penutupan saham harian. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah one sample t-test, dan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum pengumuman dan setelah pengumuman peringkat sukuk. Pasar tidak bereaksi signifikan pada pengumuman peringkat sukuk dengan kualitas tinggi dan sedang, namun bereaksi negative dan signifikan pada pengumuman peringkat sukuk dengan kualitas rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 FEB.EI.118/17 Pus a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Reaksi Pasar, Event Study, Peringkat Sukuk, Market-Adjusted Model, Abnormal Return | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol2 2 | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2017 17:47 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2017 17:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64692 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |