PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DARI DISTRIBUTOR X DENGAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL (ABC) DAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI UNIT GUDANG FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA

ZAINUL MUSTHOFA, 041411223008 (2017) PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DARI DISTRIBUTOR X DENGAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL (ABC) DAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI UNIT GUDANG FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.250.17 . Mus.p - ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.250.17 . Mus.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Instalasi Farmasi Rumah Sakit merupakan sebuah organisasi internal rumah sakit yang bertanggung jawab dalam menyediakan perbekalan farmasi dengan jumlah yang cukup pada waktu yang dibutuhkan dan dengan biaya yang serendah mungkin. Gudang farmasi RSI Jemursari masih belum maksimal dalam mengelolah perbekalan farmasinya, yaitu tidak adanya keseimbangan antara jumlah persediaan dan jumlah permintaan sehingga mengakibatkan terjadinya stock out dan pembelian secara cito. Tujuan dalam peneitian ini adalah untuk mengklasifikasikan obat-obat dalam persediaan menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan dapat diketahui jenis persediaan manakah yang seharusnya diprioritaskan lebih, dan jenis persediaan manakah yang kurang penting sehingga dapat mempertimbangkan kebijakan pengelolaan persediaan yang lebih baik. Setelah mengklasifikasikan persediaan dalam beberapa kelompok, kemudian dilakukan perhitungan matematis untuk jumlah persediaan yang menimbulkan biaya persediaan paling rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis persediaan obat dengan analisis ABC untuk mengklasifikasikan persediaan dalam beberapa kelompok, dan menghitung persediaan ekonomis dengan metode EOQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persediaan obat dari distributor X, 80% nilai investasinya berasal dari 22,7% dari total item, dan dengan menggunakan metode perhitungan EOQ, pihak rumah sakit akan dapat menurunkan biaya persediaan sebesar Rp 36.567.402 atau sebesar 70% dibandingkan dengan metode yang digunakan saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.250/17 Mus p
Uncontrolled Keywords: Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Perbekalan Farmasi, Analisis ABC, Metode EOQ
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ZAINUL MUSTHOFA, 041411223008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTuwanku Aria Auliandri, S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 16:28
Last Modified: 17 Jan 2018 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item