ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUBUNGAN PEMASOK PADA RITEL MODERN

DESTINA TRI HUTAMI SUTRISNO, 041311233345 (2017) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUBUNGAN PEMASOK PADA RITEL MODERN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.260.17 . Sut.a - ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.260.17 . Sut.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan pemasok pada ritel modern khususnya minimarket. Penelitian dari Hendrick Hernando, Susilo Toto Rahardjo, dan Idris (2015) diangkat menjadi dasar pada penelitian ini yang dimana pada penelitian sebelumnya menggunakan objek yaitu ritel tradisional, sedangkan pada penelitian saat ini menggunakan ritel modern yaitu minimarket. Berdasarkan penelitian terdahulu tersebut terdapat tiga faktor yang berpengaruh yaitu kepercayaan, pembagian informasi, dan perencanaan strategik yang nantinya ketiga faktor ini akan menjadi variabel dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden dari 10 minimarket tersebar di kota Surabaya. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor kepercayaan memiliki pengaruh yang besar dalam menjalin hubungan pemasok yaitu dengan t-statistik sebesar 8.689796 lalu diikuti dengan perencanaan strategik dengan t-statistik sebesar 5.919069. Namun, faktor pembagian informasi menyatakan hasil yang kurang signifikan yaitu t-statistik yang hanya sebesar 0.767767 yang artinya faktor ini kurang begitu memiliki peran penting dalam menjalin hubungan pemasok. Tidak signifikannya faktor pembagian informasi ini dikarenakan adanya perbedaan yang mendasar antara ritel tradisional dengan ritel modern. Secara keseluruhan, faktor yang paling berengaruh terhadap hubungan pemasok adalah faktor kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.260/17 Sut a
Uncontrolled Keywords: Ritel, Ritel Modern, Hubungan Pemasok, Partial Least Square
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DESTINA TRI HUTAMI SUTRISNO, 041311233345UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHermawanto, Drs., M.Sc., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 17:18
Last Modified: 17 Jan 2018 18:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64731
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item