PERANCANGAN KRITERIA KINERJA PADA PIHAK VENDOR DALAM PENGADAAN PAVING BLOCK DI CV.PUTRA SUKOWATI DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR

OKI PRAKOSO, 040912155 (2017) PERANCANGAN KRITERIA KINERJA PADA PIHAK VENDOR DALAM PENGADAAN PAVING BLOCK DI CV.PUTRA SUKOWATI DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.265.17 . Pra.p - ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.265.17 . Pra.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas yang sangat penting dalam manajemen rantai pasok perusahaan adalah pemilihan yang supplier untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dan operasional perusahaan. Pengukuran kinerja suppler atau vendor memerlukan tolak ukur kinerja perusahaan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu metode pegukuran kinerja adalah dengan konsep QCDFR (quality, cost, delivery, flexibility, responsibility). Metode ini tidak hanya mengukur kinerja satu supplier saja, tetapi juga dapat dibandingkan hasil skornya dengan supplier yang lain. Hal ini yang dapat membantu manajemen untuk memilih vendor lebih objekitif. Manajemen dapat memilih supllier dengan lima kriteria VPI (QCDFR) dan masing masing kriteria akan diberi bobot prioritas mana kriteria yang paling diutamakan oleh manajemen. Peneliti melakukan analisis lebih mendalam pembobotan kriteria ini dengan melakukan dua cara yakni dengan penyebaran kuesioner pairwise comparison dan melakukan wawancara mendalam terkait alasan pemilihan prioritas kriteria. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan konstruksi jasa pemasangan paving CV. Putra Sukowati yang sudah berdiri sejak tahun1992 di Surabaya. Perusahaan menggunakan cara tradisional berdasarkan intusi dan pengalaman manajemen untuk memilih vendor, sehingga peneliti berusaha merumuskan VPI Scorecard yang bertujuan untuk membantu manajamen CV. Putra Sukowati memilih supplier dengan objektif dan efektif. Hasil penelitian ini mengindikasikan manajemen memprioritaskan kualitas produk yang dikirim oleh supplier daripada kriteria yang lain. Kemudian manajemen memperimbangkan cost terlebih dahulu khususnya pada aspek kemudahan pembayaran dan jangka waktu pembayaran. Setelah itu prioritas selanjutnya adalah responsiveness vendor dalam merespon permintaan darurat untuk merubah waktu pengiriman dan jumlah pengiriman. Selanjutnya adalah criteria delivery dan terakhir diikuti dengan criteria flexibility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.265/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja Vendor, Panajemen rantai pasok, Pemasok, Analytical Hierarchy process, pairwise comparison.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
OKI PRAKOSO, 040912155UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYetty Dwi Lestari, SE., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:22
Last Modified: 17 Jan 2018 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item