PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP JOB PERFORMANCE KARYAWAN PT. SABURNAYA DENGAN MEDIASI SATISFACTION OF PSYCHOLOGICAL NEEDS : AUTONOMY, COMPETENCE, DAN RELATEDNESS

DIAH ANGGRAENI PUSPITASARI, 040912084 (2017) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP JOB PERFORMANCE KARYAWAN PT. SABURNAYA DENGAN MEDIASI SATISFACTION OF PSYCHOLOGICAL NEEDS : AUTONOMY, COMPETENCE, DAN RELATEDNESS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.266.17 . Pus.p - ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.266.17 . Pus.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (836kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam peningkatan job performance, terdapat konsep yang digunakan untuk meningkatkan job performance yakni dengan menggunakan motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik. Motivasi ekstrinsik dapat dilakukan dengan memberikan reward dan punishment seperti pemberian bonus ketika mencapai target, pemberian hukuman dengan membayar denda ketika datang terlambat. Motivasi intrinsik berkaitan dengan dorongan seseorang melakukan sesuatu karena adanya dorongan dari dalam yang merasa puas akan kebutuhan psikologisnya dan konsep ini dikenal dengan self determination theory (SDT). Penelitian ini berfokus pada peningkatan job performance dengan menggunakan motivasi intrinsik berkerangka SDT dimana seseorang yang puas akan kebutuhan psikologisnya akan autonomy, competence dan relatedness akan mendorong seseorang untuk meningkatkan kinerja pekerjaannya dan membantu rekan kerja menyelesaikan tugasnya. Terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan faktor apa yang dapat memberikan kepuasan tiga kebutuhan psikologis dan salah satunya adalah gaya kepemimpinan. Servant leadership adalah salah satu gaya kepemimpinan yang dapat memenuhi tiga psychological needs karena karakteristik servant leadership senantiasa mendahulukan kebutuhan pengikutnya dulu, dan menghargai perasaan pengikutnya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui peran servant leadership dalam meningkatkan job performance melalui kepuasan tiga kebutuhan psikologis karyawan yakni autonomy, competence dan relatedness. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis structural equation modeling-partial least square menggunakan smart PLS 2. Objek penelitian ini adalah perusahaan konstruksi di Surabaya bernama PT. Saburnaya dengan jumlah responden 50 karyawan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa servant leadership dapat berpengaruh positif terhadap autonomy, competence dan relatedness need satisfaction. Dan competence dan relatedness need satisfaction dapat berpengaruh positif terhadap job performance. Namun, autonomy need satisfaction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap job performance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.266/17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Servant leadership, autonomy need satisfaction, competence need satisfaction, relatedness need satisfaction, job performance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DIAH ANGGRAENI PUSPITASARI, 040912084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnis Eliyana, Prof. Dr. SE. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:22
Last Modified: 17 Jan 2018 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item