GREEN MARKETING: PENGARUH PERCEIVED VALUE, BRAND IMAGE, PERCEIVED RISK TERHADAP SATISFACTION DAN TRUST SERTA PENGARUHNYA PADA LOYALTY

KARINA SMARATANTRI, 041311233078 (2017) GREEN MARKETING: PENGARUH PERCEIVED VALUE, BRAND IMAGE, PERCEIVED RISK TERHADAP SATISFACTION DAN TRUST SERTA PENGARUHNYA PADA LOYALTY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.268.17 . Sma.g - ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.268.17 . Sma.g - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perhatian masyarakat akan dampak perubahan iklim akibat pemanasan global semakin meningkat karena adanya kekhawatiran kemungkinan terjadinya bencana sehingga mengancam keberadaan makhluk hidup. Maraknya isu kepedulian terhadap lingkungan membuat semakin banyak konsumen yang menerima gagasan ramah lingkungan dan persepsi mereka terhadap lingkungan, etika, dan layanan sosial juga terus berkembang. Selain itu, penjualan green products juga meningkat dan jumlah pelanggan yang bersedia membayar harga lebih tinggi untuk produk hijau selama dekade terakhir bertambah. Melihat peluang ini banyak perusahaan mulai menerapkan green marketing. Penting bagi sebuah perusahaan untuk membangun sebuah loyalitas dalam green marketing dari para pelanggannya, Loyalitas akan membuat para pelanggan akan setia terhadap perusahaan dalam jangka waktu yang lama, melakukan pembelian produk dari perusahaan di masa mendatang, hingga menyebarkan hal-hal yang baik dari perusahaan. Adapun green satisfaction dan green trust merupakan antesenden dari green loyalty. Selain itu green perceived value, green brand image, dan green perceived risk juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh terhadap green satisfaction dan green trust. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh perceived value, brand image, perceived risk terhadap satisfaction dan trust serta dampaknya pada loyalty dalam konteks green marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan adalah kuesioner yang disebarkan secara online kepada 202 responden yang pernah membeli produk The Body Shop. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden : pernah membeli produk The Body Shop dan mengetahui pernyataan ramah lingkungan dari perusahaan melalui official website maupun media lain Teknik pengujian data yang digunakan adalah SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green brand image memiliki pengaruh positif signifikan terhadap green trust dan green satisfaction. Sedangkan perceived value dan perceived risk memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction namun tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap trust. Selain itu satisfaction memiliki pengaruh signifikan positif terhadap trust dan loyalty. Serta trust memiliki pengaruh signifikan positif terhadap loyalty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.268/17 Sma g
Uncontrolled Keywords: Green marketing, green product, loyalty, trust, satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KARINA SMARATANTRI, 041311233078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDien Mardhiyah, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:24
Last Modified: 17 Jan 2018 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item