PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL INNOVATION DENGAN ORGANIZATIONAL LEARNING SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI

JERRY SETIAWAN WICAKSONO, 041211231078 (2017) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL INNOVATION DENGAN ORGANIZATIONAL LEARNING SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.270.17 . Wic.p - ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.270.17 . Wic.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia bisnis saat ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat dan tidak dapat dihindari oleh sebuah perusahaan. Perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan daya saingnya agar mampu bertahan ditengah kondisi dunia bisnis yang dinamis. Perlu adanya Organizational Innovation yang harus tetap ditingkatkan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Knowledge Management dan Organizational Learning adalah dua variabel yang dapat berpengaruh terhadap Organizational Innovation. Jika perusahaan dapat menghasilkan Knowledge Management dengan baik sehingga Organizational Learning dapat diterapkan dengan baik pula, maka dapat berdampak pada peningkatan Organizational Innovation. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Knowledge Management terhadap Organizational Innovation dengan Organizational Learning sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuisioner. Populasi penelitian ini adalah 65 karyawan PT. Apaiser yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sensus. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS. Penelitian ini juga menggunakan Sobel Test guna mengetahui hasil pengujian efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Knowledge Management memiliki pengaruh positif dan tidak signinifikan terhadap Organizational Innovation, selanjutnya Knowledge Management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Learning, dan Organizational Learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Innovation. Hasil selanjutnya setelah dilakukan pengujian efek mediasi, menunjukkan bahwa Organizational Learning terbukti memediasi secara penuh pengaruh Knowledge Management terhadap Organizational Innovation secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.270/17 Wic p
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Organizational Learning, Organizational Innovation, dan PT. Apaiser.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
JERRY SETIAWAN WICAKSONO, 041211231078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI.B.G Adi Permana, S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:25
Last Modified: 17 Jan 2018 18:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64753
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item