PENGGUNAAN SEGMENTASI GAYA HIDUP UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTER KONSUMEN PRODUK LUXURY SECOND-HAND DI SURABAYA

MOHAMAD DICKI MUZAKKI, 041311233185 (2017) PENGGUNAAN SEGMENTASI GAYA HIDUP UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTER KONSUMEN PRODUK LUXURY SECOND-HAND DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.279.17 . Muz.p - ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.279.17 . Muz.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasi profil konsumen dan karakter pembeli produk second-hand namun untuk kelompok konsumen kelas menengah ke atas. Alat yang digunakan untuk memperoleh profil tersebut adalah dengan menggunakan segmentasi gaya hidup. Penggunaan segmentasi gaya hidup dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menemukan informasi konsumsi yang rinci dan mencerminkan inner factor konsumen daripada deskriptor demografis yang lebih dangkal. Sebelumnya telah banyak dilakukan penelitian tentang pembelian produk second-hand untuk kelompok menengah ke bawah. Munculnya fenomena pembelian produk second-hand sudah mulai memasuki kelas konsumen menengah ke atas merupakan hal baru yang perlu diteliti untuk mengidentifikasi segmen pasar baru tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada 9 informan, 1 pihak akademisi dan pelaku penjual produk second-hand. Protokol pertanyaan disusun berdasarkan segmentasi gaya hidup yaitu segmentasi AIO (Aktivitas, ketertarikan dan opini) sebagai panduan menmbuat pertanyaan dan menggali informasi. Peneliti menemukan bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pembelian produk second-hand, yang mana faktor tersebut ternyata dapat saling menguatkan pengaruh perilaku pembelian konsumen. Peneliti mengelompokkan faktor tersebut dan mendefinisikan kelompok konsumen dengan 5 karakter yaitu : rasionalis-modis, fungsionalis, kolektor, pencari keuntungan dan fashion followers/ fashion makers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.279/17 Muz p
Uncontrolled Keywords: Second-hand consumption, preloved, segmentasi gaya hidup, AIO, motivasi pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOHAMAD DICKI MUZAKKI, 041311233185UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMASMIRA KURNIAWATI, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:29
Last Modified: 17 Jan 2018 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item