PENERAPAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN PELANGGAN MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER: STUDI NETNOGRAFI PADA PENULIS BUKU DI INDONESIA

SYLVIA NOVITASARI, 040912274 (2017) PENERAPAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN PELANGGAN MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER: STUDI NETNOGRAFI PADA PENULIS BUKU DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.296.17 . Nov.p - ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.296.17 . Nov.p -SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran media sosial Twitter digunakan oleh banyak pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Fenomena munculnya individu-individu yang aktif dan agresif melakukan aktivitas pemasaran untuk berbagi informasi mengenai produk baru, menerima pesanan penjualan, melakukan promosi penjualan, hingga menjalin hubungan dengan pelanggan. Salah satu kelompok pekerja individu yang diketahui sering melakukan aktivitas komunikasi pemasaran secara aktif dan personal dengan pelanggannya melalui media sosial Twitter adalah penulis buku. Penelitian ini meneliti bagaimana penulis buku di Indonesia menggunakan Twitter untuk menerapkan strategi relationship marketing dengan pelanggannya. Metode yang digunakan adalah online observation yang kemudian di konfirmasi lebih lanjut dengan in-depth interview untuk memperkuat hasil temuan dari online observation. Metode yang dipilih bertujuan mendapatkan insight para penulis buku mengenai penerapan strategi relationship marketing dengan pelanggan di media sosial Twitter. Berdasarkan hasil studi netnografi terhadap penulis buku di Indonesia, diperoleh bentuk komunikasi yang digunakan oleh penulis buku untuk menjalin keterlibatan pelanggan dalam berinteraksi di media sosial Twitter. Penulis buku mererapkan strategi pembinaan simetris dua arah menurut Grunig dan Huang (2000) melalui access, positivity, openness, shared tasks, networking, dan assurance, hal ini di konfirmasi dengan hasil in-depth interview terhadap penulis buku. Penulis buku membangun hubungan exchange dan communal dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.296/17 Nov p
Uncontrolled Keywords: Twitter, Relationship Strategy, Exchange and Communal Relationship.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SYLVIA NOVITASARI, 040912274UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:38
Last Modified: 17 Jan 2018 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item