PENGARUH MODERASI ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DAN FAMILY BACKGROUND TERHADAP HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DAN ENTREPRENEURIAL INTENTION MAHASISWA

DISMAS PERSADA DEWANGGA PRAMUDITA, 041112081 (2017) PENGARUH MODERASI ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DAN FAMILY BACKGROUND TERHADAP HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DAN ENTREPRENEURIAL INTENTION MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.297.17 . Pra.p - ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.297.17 . Pra.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, situasi ekonomi mengarah kepada persaingan global sehingga persaingan untuk memperoleh lapangan kerja semakin meningkat. Hal tersebut mengakibatkan angka pengangguran juga meningkat. Maka berwirausaha adalah merupakan jalan keluar dari situasi tersebut. Mahasiswa sebagai generasi penerus diharapkan setelah lulus nanti dapat menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Masalahnya tidak semua mahasiswa berminat menjadi wirausahawan. Intensi untuk berwirausaha (entrepreneurial intention) sebagian besar dipengaruhi oleh faktor kepribadian dan faktor kontekstual. Selfesteem merupakan salah satu dari sekian banyak faktor kepribadian. Sedangkan faktor latar belakang keluarga (family background) dan pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship education) merupakan contoh faktor kontekstual. Penelitian ini mencoba mengukur pengaruh self-esteem terhadap entrepreneurial intention dengan family background dan entrepreneurship education sebagai variabel moderator. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester 3, 5, dan 7 TI-FSTUSD sebagai responden (n = 124). Hasilnya adalah self-esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention. Family background terbukti sebagai variabel moderator yang memperlemah hubungan antara self-esteem dan entrepreneurial intention. Sedangkan entrepreneurship education tidak terbukti secara signifikan sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan antara self-esteem dan entrepreneurial intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.297/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Self-esteem, entrepreneurship education, family background, entrepeneurial intention
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DISMAS PERSADA DEWANGGA PRAMUDITA, 041112081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Siwi Agustina, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:38
Last Modified: 17 Jan 2018 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item