LEADER-MEMBER EXCHANGE, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL: STUDI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SONY SUGEMA COLLEGE SURABAYA

ZAINUL MUSTHOFA, 041211232137 (2017) LEADER-MEMBER EXCHANGE, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL: STUDI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SONY SUGEMA COLLEGE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.298.17 . Mus.l - ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.298.17 . Mus.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di LBB Sony Sugema College Surabaya karena LBB ini memiliki sistem otonomi yang mendukung terciptanya hubungan leader-member exchange serta adanya fenomena tentang masalah keterbukaan para atasan maupun bawahan dalam menilai kualitas hubungan mereka. Penelitian ini menggambarkan tentang pentingnya leader-member exchange dalam mempengaruhi outcomes karyawan terutama berkaitan tentang kepuasan kerja dan komitmen organisasional, serta indikator apa saja yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi ketiganya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method untuk lebih memperdalam bahasan dalam penelitian dikarenakan dalam organisasi yang menjadi objek penelitian ditemukan fenomena tentang masalah keterbukaan para atasan maupun bawahan dalam menilai kualitas hubungan mereka. Pendekatan mixed-method juga akan memperdalam serta memperkaya data yang mungkin tidak bisa muncul pada salah satu dari metode kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian ini responden akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok in-group (karyawan yang memiliki kualitas hubungan yang tinggi dengan supervisor) dan kelompok out-group (karyawan yang memiliki kualitas hubungan yang rendah dengan supervisor). Dari kedua kelompok tersebut dapat diketahui bahwa keduanya memiliki perbedaan outcomes pada kepuasan kerja serta komitmen organisasional mereka. Melalui analisis kuantitatif dan kualitatif keduanya menunjukkan hubungan yang signifikan dan positif antara leader-member exchange dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Dalam penelitian ini juga diketahui indikator-indikator mana saja yang paling mempengaruhi ketiga variabel serta penyebab kurang signifikannya beberapa indikator variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.298/17 Mus l
Uncontrolled Keywords: Leader-member exchange, kepuasan kerja, komitmen organisasional, mixed-method, kekeluargaan, beban kerja, mutual trust, respect, obligation, dyadic.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ZAINUL MUSTHOFA, 041211232137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom (OrgCh)., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:39
Last Modified: 17 Jan 2018 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item