PENGARUH WORK ENVIRONMENTAL FACTORS TERHADAP JOB PERFORMANCE MELALUI WORK MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DIVISI DESAIN DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

ZIAN ZULFIKAR RAHMAN, 041411223048 (2017) PENGARUH WORK ENVIRONMENTAL FACTORS TERHADAP JOB PERFORMANCE MELALUI WORK MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DIVISI DESAIN DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.304.17 . Rah.p - ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.304.17 . Rah.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karyawan merupakan aset yang penting bagi perusahaan, oleh karena itu perlu diperhatikan hal-hal yang bisa meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja yang optimal merupakan syarat mutlak terpenuhinya tujuan organisasi. Untuk dapat memiliki kinerja yang optimal, seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya harus memiliki motivasi yang tinggi dengan didukung oleh lingkungan kerja yang baik. Peningkatan Work Environmental Factors dan Work Motivation menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat meningkatkan Job Performance karyawan. Work Environmental Factors (X) dan Work Motivation (Z) menjadi variabel yang terkait dengan Job Performance (Y). Job Performance dapat meningkat apabila Work Environmental Factors telah diterapkan dengan baik, dengan dimediasi oleh Work Motivation menjadi bagian dari organisasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan dengan status karyawan tetap yang bekerja pada Divisi Desain di PT. PAL Indonesia (PERSERO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Work Environmental Factors mempunyai pengaruh terhadap Job Performance pada karyawan PT. PAL Indonesia (PERSERO) serta untuk membuktikan bahwa Work Environmental Factors mempunyai pengaruh terhadap Job Performance melalui Work Motivation. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 64 karyawan yang terbagi dalam 5 departemen kerja yaitu Departemen Basic Design, Departemen Hull Construction and Hull Outfitting, Departemen Machinery Outfitting, Departemen Electronic Outfitting, dan Departemen Engineering Support yang diambil dengan menggunakan teknik Census Sampling. Pada penelitian ini Work Environmental Factors adalah sebagai variabel independen, Job Performance sebagai variabel dependen, dan Work Motivation sebagai variabel intervening. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa Work Environmental Factors mempunyai pengaruh terhadap Job Performance, dan Work Motivation terbukti memediasi hubungan antara Work Environmental Factors dan Job Performance pada karyawan dengan status karyawan tetap yang bekerja pada Divisi Desain di PT. PAL Indonesia (PERSERO).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.304/17 Rah p
Uncontrolled Keywords: Work Environmental Factors, Job Performance dan Work Motivation.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ZIAN ZULFIKAR RAHMAN, 041411223048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Nurtjahja Moegni, Dra. Ec., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:41
Last Modified: 17 Jan 2018 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item