ANALISA PENGARUH ELEMEN-ELEMEN KEBERHASILAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KETERLIBATAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENERAPAN TQM PADA CV. MITRA JAYA COLLECTION

TONY BIMANTORO, 041311233343 (2017) ANALISA PENGARUH ELEMEN-ELEMEN KEBERHASILAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KETERLIBATAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENERAPAN TQM PADA CV. MITRA JAYA COLLECTION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.305.17 . Bim.a - ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.305.17 . Bim.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi telah mendorong perusahaan untuk terus berupaya untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dan bertahap, untuk mempertahankan, memperoleh dan bertahan ditengah persaingan dengan perusahaan lain. Upaya perbaikan ini hanya dapat berhasil dengan keterlibatan seluruh karyawan yang mereka miliki untuk memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan. Total quality management merupakan sebuah metode perbaikan proses yang dimana dalam penerapannya bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dalam perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan dari indikator TQM seperti: kepemimpinan, pemberdayan karyawan, kerjasama, komunikasi, fokus pada pelanggan, penghargaan dan pengakuan, partisipasi dan juga pelatihan terhadap keterlibatan kerja karyawan bagi perusahaan. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jumlah sampel responden yaitu sebanyak 100 orang karyawan perusahaan. Hubungan antar variabel ini dianalisis menggunakan statistical package for social science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari 6 indikator yaitu kepemimpinan (0,00), pemberdayaan (0,001), kerjasama (0,00), komunikasi (0,00), fokus pelanggan (0,19), dan penghargaan (0,00) terhadap keterlibatan kerja. Sedangkan 2 variabel yaitu partisipasi (0,206) dan pelatihan (0,272) ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan kerja. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah, bahwa secara parsial atau bersama, indikator keberhasilan dalam penerapan total quality management adalah dengan melibatkan seluruh sumberdaya perusahaan. Dimana TQM akan sepenuhnya sukses apabila diterapkan oleh seluruh elemen dan karyawan dari perusahaan tersebut. Empowerment terbukti dapat memberikan dukungan dari keberhasilan penerapan TQM dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.305/17 Bim a
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, Job Involvement, Continuous Improvement, Empowerment
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
TONY BIMANTORO, 041311233343UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPuspandam Katias, Drs., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:41
Last Modified: 17 Jan 2018 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item