PENGARUH WORK VALUES TERHADAP WORK ENGAGEMENT YANG DIMEDIASI OLEH BASIC NEED SATISFACTION

Audi Permana, 041414153001 (2017) PENGARUH WORK VALUES TERHADAP WORK ENGAGEMENT YANG DIMEDIASI OLEH BASIC NEED SATISFACTION. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (full text)
Thesis.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 27 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi mengakibatkan semakin terbukanya iklim persaingan dalam semua bidang. Utamanya dalam bisnis, tuntutan organisasi untuk selalu berkompetisi akan semakin tinggi. Jika dahulu hanya bersaing secara nasional, saat ini harus bersaing dengan pasar global. Bertolakbelakang dengan era globalisasi yang menuntut organisasi untuk mengembangkan dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki semaksimal mungkin. Saat ini organisasi tengah mengalami kelangkaan sumber daya yang berkualitas serta kompeten, dimana persaingan terus meningkat. Hal tersebut menyebabkan organisasi mengelola SDM dengan efektif. Ada beberapa hal yang tengah menjadi masalah dalam pengelolaan SDM sat ini, diantaranya yaitu keterlekatan karyawan atau work engagement. Tingkat engagement karyawan dapat dipengaruhi oleh kesesuaian work values yang dimilkinya dengan work values perusahaan. Selain work values karyawan juga memiliki kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan dasar psikologinya yang harus dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh work values terhadap work engagement dengan basic need satisfaction sebagai variabel mediasi. Variabel dalam penelitian ini diukur dengan survey pada 32 responden di PT. Toyota Astra Auto 2000 cabang Sidoarjo dengan alat bantu statistik Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa work values memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement, dan basic need satisfaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap work engagement. Berdasarkan hasil tersebut, maka basic need satisfaction tidak terbukti sebagai variabel mediasi work values terhadap work engagement. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat menjadi masukan manajemen perusahaan untuk mengelola work values dan kebutuhan dasar psikologi karyawan untuk meninkatkan work engagement yang dimiliki oleh karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 12/17 Per p
Uncontrolled Keywords: Work Values, Basic Need Satisfaction, and Work Engagement
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Audi Permana, 041414153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Prof. Dr. , MTUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2017 18:09
Last Modified: 26 Oct 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item