PENGARUH CONSUMER BENEFITS YANG DITERIMA DALAM AKUN INSTAGRAM TERHADAP BRAND COMMITMENT DAN BRAND TRUST STARBUCKS MELALUI PARTISIPASI AKTIF FOLLOWER

MUHAMMAD ANSYARULAH SYUHADA, 041112087 (2017) PENGARUH CONSUMER BENEFITS YANG DITERIMA DALAM AKUN INSTAGRAM TERHADAP BRAND COMMITMENT DAN BRAND TRUST STARBUCKS MELALUI PARTISIPASI AKTIF FOLLOWER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.205.17 . Syu.p - ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.205.17 . Syu.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 27 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa tahun terakhir, penggunaan media sosial semakin digemari. Termasuk Instagram yang merilis data bahwa mereka mengalami peningkatan pengguna yang signifikan dari 400 juta pengguna pada tahun 2015 menjadi 500 juta pengguna di tahun 2016. Trend ini dapat dimanfaatkan oleh brand untuk membangun hubungan dengan konsumen yang lebih luas melalui akun Instagram mereka, Salah satunya Starbucks. Diperlukan strategi agar Starbucks mampu mengelola akun Instagram mereka sehingga dapat menarik followers untuk ikut berpartisipasi aktif. Salah satunya dengan memberikan benefits yang diinginkan oleh followers mereka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif menggunakan analisis SEM (structural equation modeling) dengan program smartpls 3.0 dan menggunakan data primer berasal 146 responden yang merupakan followers akun Instagram @starbucksindonesia. Bedasarkan hasil penelitian, terdapat dua jenis consumer benefits yang berpengaruh terhadap tingkat active participation followers, Yakni social psychological benefits dan hedonic benefits, Sedangkan dua consumer benefits lainnya tidak berpengaruh terhadap tingkat active participation, yakni functional benefits dan monetary benefits. Dan selanjutnya juga mendapatkan kesimpulkan bahwa tingkat active participation followers berpengaruh terhadap brand trust dan brand commitment. Penelitian ini menawarkan kontribusi yang terkait dengan strategi untuk meningkatkan partisipasi followers didalam akun Instagram mereka. Karena followers yang memiliki tingkat partisipasi aktif yang tinggi cenderung memiliki brand trust dan brand commitment yang kuat terhadap brand tersebut. Keterbatasan serta rekomendasi dari penelitian ini telah disajikan pada bagian akhir penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.205/17 Syu p
Uncontrolled Keywords: Instagram, Consumer benefits, Active participation, Followers, Brand trust, Brand commitment.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ANSYARULAH SYUHADA, 041112087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:45
Last Modified: 17 Jan 2018 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item