IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN VALSAT DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN FISHBONE DIAGRAM DI PT. DRYMIX INDONESIA PLANT D TUBAN

FAREZA ADITYA NUGRAHA, 041411223006 (2017) IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN VALSAT DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN FISHBONE DIAGRAM DI PT. DRYMIX INDONESIA PLANT D TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.308.17 . Nug.i - ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.308.17 . Nug.i - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 27 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemborosan pada proses produksi plester di PT. Pabrik Drymix Indonesia D Tuban. Menjaga kualitas produk dan competitive advantage perusahaan dilakukan dengan mengetahui aktivitas yang memiliki nilai tambah dan mengelemenasi atau mengurangi pemborosan yang ada. Identifikasi ini dimulai dengan penggambaran Big Picture Mapping untuk mengidentifikasi aliran nilai proses produksi plester. Langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan pemborosan (Sevenwaste) yang ada di perusahaan. Untuk analisis lebih lanjut menggunakan alat analisis value stream (VALSAT) dan analisis akar penyebabnya dengan menggunakan diagram Fishbone. Berdasarkan pengolahan data didapatkan skor rata-rata pemborosan dikalikan dengan faktor pengali detail mapping, sehingga didapatkan detail mapping tools yang dominan adalah Process Activity Mapping. Dari hasil pengolahan data tersebut, didapatkan bahwa 4 wasteyang dominan terbesar adalah produk cacat, persediaan berlebih, proses yang tidak sesuai, waktu tunggu. Produk cacat yang merupakan waste dengan skor rata-rata tertinggi disebabkan oleh komposisi yang salah dalam proses pencampuran dan persediaan berlebih akan bahan jadi di gudang. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti untuk pemborosan produk cacat ini adalah memberikan pengawasan dan pengendalian intensif atas barang jadi dan untuk mengatur ulang tata letak gudang bahan jadi dan gudang bahan baku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.308/17 Nug i
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Value stream Analysis Tool (VALSAT), Fishbone Diagram
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FAREZA ADITYA NUGRAHA, 041411223006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPuspandam Katias, Drs., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:47
Last Modified: 17 Jan 2018 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item