ANALISIS PENYEBAB, RISIKO, DAN DAMPAK DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI FUZZY BOW-TIE ANALYSIS DAN USULAN PERBAIKAN PADA BENGKEL SUB ASSEMBLY DIVISI KAPAL NIAGA PT PAL INDONESIA

BIMO KUKUH WICAKSONO, 041311233339 (2017) ANALISIS PENYEBAB, RISIKO, DAN DAMPAK DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI FUZZY BOW-TIE ANALYSIS DAN USULAN PERBAIKAN PADA BENGKEL SUB ASSEMBLY DIVISI KAPAL NIAGA PT PAL INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.312.17 . Wic.a - ABSTRAK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.312.17 . Wic.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 27 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu terapan dan inovasi yang terus terjadi, membuat perusahaan semakin memiliki banyak pilihan dalam melakukan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dengan cara menggunakan mesin-mesin yang canggih. Namun, mesin – mesin ini tidak hanya membawa dampak positif pada perusahaan, tapi juga membawa dampak negatif, yakni potensi terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat probabilitas risiko, sebab serta dampak yang ditimbulkan, dan akar permasalahan yang menyebabkan risiko pada bengkel sub assembly Divisi Kapal Niaga PT PAL INDONESIA. Pada penelitian ini menggunakan metode fuzzy analysis dan bowtie analysis untuk menemukan sebab dan dampak risiko dan untuk mencari usulan perbaikan. Fuzzy analysis digunakan untuk mengatasi ketidakpastian dalam terjadinya risiko. Kemudian bow-tie analysis digunakan untuk menjelaskan sebab, faktor, dan dampak risiko yang terjadi. Perhitungan fuzzy analysis dan identifikasi risiko dilakukan dengan membagi kuisioner pada pihak yang bersangkutan dengan proses produksi. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian menunjukkan bahwa risiko tertinggi adalah risiko produk tidak sesuai (0.96), risiko ergonomi kerja (0.88), dan risiko kebocoran bahan kimia (0.85). Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa akar permasalahan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja dalam proses produksi bengkel sub assembly Divisi Kapal Niaga PT PAL INDONESIA adalah faktor manusia. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat kesadaran terhadap keselamatan dan berbedanya latar belakang pendidikan karyawan bengkel. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan bagi karyawan bengkel agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.312/17 Wic a
Uncontrolled Keywords: Risiko, Penilaian Risiko, Kecelakaan Kerja, Fuzzy Analysis, Bow-Tie Analysis,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
BIMO KUKUH WICAKSONO, 041311233339UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPuspandam Katias, Drs., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:50
Last Modified: 17 Jan 2018 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item