INTENSI BERBAGI PENGETAHUAN PADA KARYAWAN PT PJB UP GRESIK DITINJAU DARI PENGETAHUAN EFIKASI DIRI (KNOWLEDGE SELF-EFFICACY) DAN KARAKTERISTIK ORANG YANG DIPERCAYA (TRUSTWORTHINESS)

DINI AGHNIA PUTRI, 111311133085 (2017) INTENSI BERBAGI PENGETAHUAN PADA KARYAWAN PT PJB UP GRESIK DITINJAU DARI PENGETAHUAN EFIKASI DIRI (KNOWLEDGE SELF-EFFICACY) DAN KARAKTERISTIK ORANG YANG DIPERCAYA (TRUSTWORTHINESS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (full text)
DINI-SKRIPSI.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, ekonomi telah berubah dari era industri menjadi ekonomi berbasis pengetahuan. Pengetahuan merupakan penentu utama yang memainkan peranan penting dalam organisasi. Berbagi pengetahuan adalah bagian dari suatu proses, dimana seseorang berbagi ide dan pengetahuan melalui diskusi untuk menciptakan pengetahuan atau ide baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan knowledge self-efficacy dan trustworthiness dengan intensi berbagi pengetahuan pada karyawan PT PJB UP Gresik. Knowledge self-efficacy merupakan kepercayaan diri individu terhadap kemampuan yang dimiliki untuk dapat memberikan pengetahuan yang bernilai bagi organisasi (Kalman, 1999). Trustworthiness adalah karakteristik dari individu yang dipercaya, meliputi ability, benevolence, dan integrity (Mayer, dkk., 1995). Intensi berbagi pengetahuan merupakan tingkat keyakinan individu bahwa dirinya akan terlibat dalam perilaku berbagi pengetahuan, meliputi intensi untuk berbagi pengetahuan eksplisit dan implisit (Bock, dkk., 2005). Metode yang digunakan adalah survei menggunakan kuesioner psikologis, yaitu kuesioner knowledge self-efficacy, trustworthiness, dan intensi berbagi pengetahuan. Penelitian dilakukan pada karyawan operator PT PJB UP Gresik dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 95 orang. Adapun metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik statistik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS 22 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara knowledge self-efficacy dengan intensi berbagi pengetahuan sebesar 0,001 dan nilai signifikansi sebesar 0,990; korelasi antara trustworthiness dengan intensi berbagi pengetahuan sebesar 0,433 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara trustworthiness dengan intensi berbagi pengetahuan, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara knowledge self-efficacy dengan intensi berbagi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.115/17 Put i
Uncontrolled Keywords: knowledge self-efficacy, trustworthiness, intensi berbagi pengetahuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINI AGHNIA PUTRI, 111311133085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFendy Suhariadi, Prof. Dr. M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2017 22:16
Last Modified: 29 Oct 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65019
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item