STUDI PENGGUNAAN LAKSATIF PADA PASIEN KANKER (Penelitian dilaksanakan di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

SHARMAINE SHARMILA ANANTHAN, 051311133234 (2017) STUDI PENGGUNAAN LAKSATIF PADA PASIEN KANKER (Penelitian dilaksanakan di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FF FK 13-17 Ana s-Abstrak.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FF FK 13-17 Ana s.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konstipasi adalah gejala defekasi yang tidak memuaskan, yang ditandai dengan buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu atau kesulitan dalam evakuasi feses akibat feses yang keras. Orang awam sering menyebut konstipasi sebagai sembelit, merupakan suatu gangguan yang sering dialami sebagian besar orang. Konstipasi bisa disebabkan oleh faktor primer, faktor sekunder dan faktor iatrogenik. Konstipasi pada pasien kanker bisa disebabkan oleh status kinerja yang menurun yang berarti penurunan mobilitas, status gizi buruk, dan bisa juga karena terapi pengobatan yang diterima. 40% hingga 95% pasien yang menerima terapi opioid akan menderita gejala konstipasi atau opioid-induced onstipation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan laksatif pada pasien kanker di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD DrSoetomo Surabaya meliputi macam laksatif, bentuk sediaan laksatif, rute pemberian laksatif, frekuensi penggunaan obat, regimen dosis obat. Selain itu juga untuk mendeskripsikan Drug Related Problems (DRPs) terkait penggunaan laksatif pada pasien kanker di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri meliputi kesesuaian indikasi, kesesuaian dosis. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat noneksperimental (observasional) retrospektif dengan analisis deskriptif. Sampel penelitian adalah Semua pasien baru rawat jalan yang didiagnosa kanker di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri dengan kriteria usia diatas 18 tahun, kontrol pertama dan kontrol kedua bisa diikuti di RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan mendapatkan terapi obat laksatif selama periode 1 Juli sampai 31 Desember 2016.Dari hasil penelitian didapatkan sampel sebanyak 114 pasien dengan total jumlah peresepan sebesar 239 peresepan dan yang memenuhi kriteria inklusi pada periode 1 Juli 2016 sampai 31 Desember 2016. Laksatif yang digunakan oleh pasien kanker dengan gejala konstipasi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya adalah laktulosa sirup, bisakodil tablet dan bisakodil supositoria. Total prersepan yang menerima laktulosa sirup adalah 115 peresepan (48,1%), yang diresepkan bisakodil sebesar 43 peresepan (18,0%) dan yang diresepkan kombinasi laktulosa dan bisakodil adalah sebesar 81 peresepan (33,9%). Dosis penggunaan bisakodil tablet dan bisakodil supositoria adalah sesuai dengan pustaka namun dosis laktulosa tidak sesuai pustaka. Untuk rute penggunaan laksatif, sebesar 115 peresepan (48,1%) adalah peresepan laktulosa per oral, 25 peresepan (10,5%) adalah peresepan bisakodil per oral, 18 peresepan (7,5%) adalah peresepan bisakodil per rektal, 30 peresepan (12,6%) adalah peresepan kombinasi laktulosa oral dan bisakodil oral dan 51 peresepan (21,3%)adalah peresepan kombinasi laktulosa oral dan bisakodil rektal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FF FK 13-17 Ana s
Uncontrolled Keywords: cancer, constipation, laxative, drug utilization study
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsEmail
SHARMAINE SHARMILA ANANTHAN, 051311133234UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuharjono, Dr., MS., AptUNSPECIFIED
ContributorIwan Sulianto, Dr.,SpPDUNSPECIFIED
ContributorIrvina Harini, S, Si, Apt, Sp. FRSUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Oct 2017 23:26
Last Modified: 29 Oct 2017 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item