PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN PERJALANAN INSENTIF (INCENTIVE TRAVEL) PADA DISTRIBUTOR PT ORINDO ALAM AYU CABANG MEDAN SUMATERA UTARA

JOHN SIHAR MANURUNG, - (2017) PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN PERJALANAN INSENTIF (INCENTIVE TRAVEL) PADA DISTRIBUTOR PT ORINDO ALAM AYU CABANG MEDAN SUMATERA UTARA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak dis psdm 02 17.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Dis PSDM 02 17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan model peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam kegiatan perjalanan insentif (incentive travel) pada distributorPT Orindo Alam Ayu Cabang Medan Sumatera Utara. Melakukan survey dan wawancara terhadap objek dan subjek penelitian untuk mengidentifikasi peningkatan kapasitas dalam kegiatan perjalanan insentif pada seminar director and up director yang diselenggarakan setiap tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan subjek dan informan penelitian yang terpilih, serta data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang berhubungan dengan objek dan subjek penelitian.Analisis data dilakukan dengan metode interaktif dilanjutkan dengan melakukan fokus grup diskusi bertujuan untuk mendapatkan model pengembangan yang sesuai dengan perspektif keinginan dan kebutuhan leader distributor perusahaan.Menentukan jumlah subjek dan informan tambahan dari luar perusahaan, berguna untuk pengembangan model. Penelitian menunjukkan peningkatan kapasitassumber daya manusia yang dilakukan pada “seminar directordalam negeri lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap peserta kegiatan perjalanan insentif.Kebijakan perusahaan bersifat up to bottom pada sistem penyelenggaraan peningkatan kapasitas dalam kegiatan perjalanan insentif yang tidak memberi ruang diskusi harus diubah sesuai dengan perspektif distributor (bottom to up). Analisis kebutuhan training (TNA) berguna untuk menentukan efektifitas, nilai (value) atas program. Pengembangan model peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam kegiatan perjalanan insentif diharapkan mampu mengatasi perbedaan keahlian, pengetahuan dan sikap. serta mampu mewujudkan motivasi mengulang pencapain prestasi tinggi sebagai keberlanjutan reward perjalanan insentif berikutnya. Desain program yang sesuai perspektif peserta akan meningkatkan kemampuan pengetahuan, keahlian dan sikap peserta dalam melakukan aktivitas kerja. Pilihan destinasi penyelenggaraan seminar, meeting dan conference dengan rotasi pada beberapa kantor cabang perusahaan atau destinasi kota wisata insentif, serta Indonesia yang memiliki venue terindah dan sebagai keajaiban dunia pariwisata, akan memberikan dampak dan pengaruh luas (multiplier effect) bagi pertumbuhan pariwisata MICE.Model peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam kegiatan perjalanan insentif, terdiri dari: komunikasi program, penentuan persyaratan peserta, desain program dan destinasi, rekognisi, networking, kolaborasi, dan motivasi melanjutkan prestasi tinggi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis PSDM 02 17 Mah p
Uncontrolled Keywords: pengembangan model peningkatan kapasitas, perjalanan insentif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
JOHN SIHAR MANURUNG, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr. ,Drs.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Oct 2017 23:33
Last Modified: 29 Oct 2017 23:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item