PRINSIP PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM OLEH PEMERINTAH DAERAH

AKHMADI YUSRAN, 031170137 (2017) PRINSIP PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM OLEH PEMERINTAH DAERAH. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
DIS.H.13-17 Yus p ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
DIS.H.13-17 Yus p DISERTASI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian disertasi ini mengangkat isu hukum berkenaan dengan landasan filosofis adanya perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap lingkungan hidup dalam konservasi sumber daya alam. Demikian pula isu hukum berkenaan dengan adanya konsep tanggung jawab Negara terhadap HAM itu yang kemudian dilaksanakan oleh Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah dalam hal konservasi sumber daya alam. Untuk selanjutnya dari penelusuran konsep tanggung jawab Pemerintah Daerah memuncul isu hukum berkenaan dengan adanya kebijakan Pemerintah Daerah dalam perlindungan terhadap lingkungan terkait konservasi sumber daya alam. Prinsip yang mendasari dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara umum yang terkait pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dan berwawasan lingkungan (eco development) harus menjadi landasan dalam konservasi sumber daya alam. Kebijakan berkenaan dengan lingkungan hidup terkait konservasi sumber daya alam yang ada juga dilandasi prinsip ini. Prinsip perlindungan HAM dalam konservasi sumber daya alam, yakni perlindungan terhadap Hak Atas Lingkungan hidup yang memiliki fungsi ganda, pertama; perlindungan terhadap hak-hak rakyat/masyarakat terkait lingkungan berkenaan dengan kegiatan konservasi sumber daya alam dan kedua; perlindungan terhadap lingkungan hidup itu sendiri, dimana lingkungan hidup yang juga dianggap seperti manusia yang menjadi subyek yang memiliki hak (HAM) karena didasarkan adanya prinsip kedaulatan lingkungan (ecocratie). Kedaulatan Negara juga diakui dalam instrumen hukum internasional berkenaan dengan lingkungan hidup dalam hal konservasi sumber daya alamnya, yang kemudian secara nasional terkonsepsi sebagai Hak Menguasi Negara itu, seharusnya terimplementasi dengan baik dalam berbagai kebijakan lingkungan hidup yang berkaitan dengan konservasi sumber daya alam hingga ke Daerah. Sehubungan dengan hal ini, maka kemudian penelitian disertasi ini menggunakan pendekatan konsep (conceptual approach), juga menggunakan pendekatan kasus (case approach) dengan melihat putusan-putusan Pengadilan untuk menggali dan mengembangkan konsep-konsep yang ada.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK DIS.H.13/17 Yus p
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsEmail
AKHMADI YUSRAN, 031170137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTATIRK SRI DJATMIATI, Prof. Dr., S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Oct 2017 21:50
Last Modified: 30 Oct 2017 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item