PENERAPAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PIUTANG USAHA PT GARAM (PERSERO)

FAIZAH ARIFIANTI, 151410613014 (2017) PENERAPAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PIUTANG USAHA PT GARAM (PERSERO). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.A.87 17 Ari p.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.A.87 17 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tentang piutang usaha di PT Garam (Persero), maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Definisi piutang usaha pada PT Garam (Persero) sebagai tagihan (hak) atas aset tertentu kepada pelanggan yang timbul dari transaksi penjualan secara non tunai telah sesuai dengan PSAK 50 (revisi 2015) paragraf 11(c) yang didukung oleh pedoman penerapan paragraf 4. 2. PT Garam (Persero) dalam mencatat pengakuan pendapatan penjualan menggunakan pencatatan secara accrual basis yang telah sesuai pencatatannya dengan PSAK 1 (revisi 2015) paragraf 27. Penjualan PT Garam (Persero) dilakukan secara tunai maupun non tunai, dalam penjualan secara tunai terdapat ketidaksesuaian dengan PSAK 50 (revisi 2015) pedoman penerapan paragraf 4 terkait pencatatan setiap daftar pelanggan dan konsistensi dari software yang dimiliki PT Garam (Persero), software tidak bisa langsung mencatat penjualan tunai secara kas, maka harus diakui sebagai piutang usaha terlebih dahulu. Sedangkan, penjualan secara non tunai dapat dilakukan dengan pemberian uang muka dan diskon penjualan. Dalam hal pengakuan pemberian uang muka tidak ada perbedaan dengan teori Warren, et al (2015: 111), namun untuk pengakuan diskon penjualan terdapat perbedaan dengan teori Warren, et al (2015: 288) terkait pencatatan diskon penjualan sebagai beban promosi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.A.87/17 Ari p
Uncontrolled Keywords: kebijakan, akuntansi, piutang usaha
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
FAIZAH ARIFIANTI, 151410613014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYani Permatasari, S.Ak., MBA., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Oct 2017 22:22
Last Modified: 30 Oct 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item