FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL DENGAN ASAM ASETAT (IVA) PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR (Studi di Puskesmas Gading Tahun 2016)

RENNY WAHIDATUN, 101411123025 (2017) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL DENGAN ASAM ASETAT (IVA) PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR (Studi di Puskesmas Gading Tahun 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 326-17 Wah f.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara untuk melakukan deteksi dini kanker serviks adalah Pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Keunggulan pemeriksaan IVA yaitu mudah, cepat, dan hasil dapat diketahui langsung saat pemeriksaan. Meskipun pemeriksaan dengan IVA mempunyai banyak keuntungan namun angka cakupan pemeriksaan IVA masih dibawah target. Jumlah cakupan pemeriksaan IVA di Indonesia pada tahun 2016 sebesar 4,74% belum mencapai target nasional (10%). Jumlah wanita yang melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Gading Kota Surabaya tahun 2016 sebanyak 100 wanita pasangan usia subur (0,68%) dari 14.684 wanita pasangan usia subur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tindakan pemeriksaan IVA pada wanita pasangan usia subur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel sebanyak 96 orang wanita pasangan usia subur di wilayah Puskesmas Gading Kota Surabaya yang diambil dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Variabel bebas penelitian adalah tingkat pengetahuan,tingkat pendidikan, pendapatan, informasi, akses ke fasilitas kesehatan, dukungan petugas kesehatan, dukungan kader, riwayat kanker pada keluarga. Variabel terikat penelitian adalah melakukan pemeriksaan IVA. Analisis data menggunakan regresi logistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan responden yang pernah melakukan pemeriksaan IVA sebanyak 9 orang (9,4%). Sebagian besar responden yang pernah melakukan pemeriksaan IVA berumur 31-40 tahun dan memiliki pengetahuan baik tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA. Alasan responden yang tidak melakukan pemeriksaan IVA karena tidak mengetahui kegunaan pemeriksaan IVA, malu, dan takut. Hasil analisis statistik menunjukkan dukungan kader berhubungan dengan pemeriksaan IVA pada wanita pasangan usia subur (p=0,014). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dukungan kader merupakan faktor penting dalam tindakan pemeriksaan IVA pada wanita pasangan usia subur. Perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui pengetahuan kanker serviks dan pemeriksaan IVA yang dimiliki oleh kader, dan memberikan informasi kepada kader tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA sehingga kader dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 326-17 Wah f
Uncontrolled Keywords: kanker serviks, IVA
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RENNY WAHIDATUN, 101411123025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAtik Choirul Hidajah, Dr. ,dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 Oct 2017 22:43
Last Modified: 30 Oct 2017 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item