FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA (APLIKASI TEORI HEALTH BELIEF MODEL (HBM))

LINTANG PRATIWI UTVIAPUTRI, 101011163 (2017) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA (APLIKASI TEORI HEALTH BELIEF MODEL (HBM)). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 328-17 Utv f.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak-anak terlahir dalam kondisi yang rentan terhadap penularan penyakit dan perlu untuk menjalani proses imunisasi secara lengkap guna mencegah hal-hal fatal yang bisa terjadi. Ibu sebagai sosok utama yang dekat dan mengurus anak-anak dianggap sebagai faktor penentu terhadap pemberian imunisasi terhadap anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berasal dari ibu yang memberikan pengaruh terhadap kelengkapan imunisasi pada anak di wilayah kerja Puskesmas Kenjeran Surabaya. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilakukan pada 40 orang ibu sebagai responden. Subyek dipilih dari populasi yang telah ditentukan dengan metode simple random sampling. Instrumen yang digunakan di dalam wawancara adalah kuesioner yang berisi beberapa pertanyaan tentang variabel-variabel penelitian. Variabel bebas yang ada di dalam penelitian ini adalah usia, pendidikan, status bekerja, pendapatan keluarga, pengetahuan, sikap, perasaan rentan, perasaan serius, perasaan manfaat, serta perasaan hambatan dan petunjuk untuk bertindak. Hasil dari kondisi kelengkapan imunisasi yang lengkap dan tidak lengkap adalah 50% untuk masing-masing variabel. Pengujian dilanjutkan dengan cara membandingkan kondisi kelengkapan imunisasi dengan masing-masing variabel bebas yang terdapat dalam kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah petunjuk untuk bertindak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kelengkapan imunisasi anak (p<0,05). Uji hubungan multivariat yang dilakukan dengan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa petunjuk untuk bertindak berpengaruh pada lengkap tidaknya imunisasi pada anak (p = 0,003; OR = 0,074). Kesimpulan yang bisa ditarik adalah bahwa petunjuk untuk bertindak yang berasal dari luar memberikan pengaruh yang lebih besar bagi para ibu sehingga mereka lebih bersedia untuk melakukan imunisasi secara lengkap pada anak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 328-17 Utv f
Uncontrolled Keywords: imunisasi dasar lengkap, ibu, petunjuk untuk bertindak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LINTANG PRATIWI UTVIAPUTRI, 101011163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPulung Siswantara, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 Oct 2017 22:52
Last Modified: 30 Oct 2017 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item