MANAJEMEN KUALITAS AIR PADA PEMBENIHAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL, PASURUAN

CANDRA BHASKORO B W, 141311133137 (2016) MANAJEMEN KUALITAS AIR PADA PEMBENIHAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL, PASURUAN. Fakultas Perikanan Dan Kelautan. Budidaya Perairan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PKL.PK.BP.115.17 . Can.m - ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.115.17 . Can.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama kegiatan Praktek Kerja didapatkan tentang teknik manajemen kualitas air. Pengukuran manajemen kualitas air yang dilakukan di UPT PBAP Bangil adalah melalui penyiponan, penggantian air, pemberian aerasi, pemberian EDTA, dan pengontrolan kualitas air yang baik. Dari pengontrolan kualitas air tersebut, seluruh parameter yaitu suhu, pH, salinitas, DO, nitrat, nitrit, dan amoniak masih dalam keadaan normal. SR yang normal berkisar 50%, SR yang didapatkan di UPT PBAP Bangil adalah 21 %. SR yang rendah dikarenakan benih banyak stres. Stres pada benih diakibatkan perubahan parameter kualitas air, seperti naiknya kadar amoniak, nitrit, dan nitrat. Perlakuan penurunan salinitas yang dilakukan di UPT PBAP Bangil juga menjadi faktor yang menyebabkan SR rendah. Hambatan yang terjadi dalam pembenihan udang vannamei di UPT PBAP Bangil bak pembenihan terserang parasit Vorticella sp. Parasit ini menginfeksi bak tandon dikarenakan ketika pemberian pakan berupa plankton. Plankton yang telah terkontaminasi oleh Vorticella sp. 5.2 Saran Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang saya lakukan dapat diambil saran. Perlunya pengontrolan kualitas air pada saat penyediaan air laut, sehingga kadar amoniak, nitrat, nitrit dapat ditanggulangi. Pengontrolan salinitas harusnya sesuai dengan batas optimal. Batas optimal salinitas adalah 30 ppt, sehingga dengan salinitas yang tepat dapat mengurangi tingkat stres pada benih. Pencegahan agar benih tidak terserang parasit Vorticella sp, dengan mengoptimalkan penggunaan peralatan uji kualitas air. Pelatihan dan pembimbingan pegawai lapangan agar kegiatan pengukuran dilakukan sesuai prosedur penggunaan alat. Pengobatan parasit Vorticella sp dapat dilakukan dengan penggantian air dan dapat dilakukan treatmen kaporit.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.115/17 Can m
Uncontrolled Keywords: Budidaya perairan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
CANDRA BHASKORO B W, 141311133137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:05
Last Modified: 22 Jan 2018 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65358
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item