PENGARUH SCARCITY APPEALS DAN BRAND PROMINENCE ATAS SIKAP TERHADAP IKLAN, SIKAP TERHADAP MEREK DAN NIAT BELI PADA PRODUK FAST FASHION

PUTRI NURFA AYUNING TYAS, 041311233278 (2017) PENGARUH SCARCITY APPEALS DAN BRAND PROMINENCE ATAS SIKAP TERHADAP IKLAN, SIKAP TERHADAP MEREK DAN NIAT BELI PADA PRODUK FAST FASHION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.313.17 . Tya.p - ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.313.17 . Tya.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek dan niat beli pada produk fast fashion berdasarkan strategi scarcity appeals dan brand prominence menggunakan uji MANOVA, yang kemudian dikaitkan dengan niat beli dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (scarcity appeals) x 2 (brand prominence) dan mengumpulkan data dari 140 partisipan dari kalangan mahasiswi. Stimuli dibentuk melalui 3 tahap yaitu pemilihan merek fast fashion, pemilihan produk yang akan digunakan dan penggunaan narasi yang dilakukan melalui pre test dan cek manipulasi. Variabel terukur sikap terhadap iklan (8 indikator), sikap terhadap merek (5 indikator) dan niat beli (5 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa penggunaan brand prominence yang berbeda memiliki perbedaan pada sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek dan niat beli. Tampilan merek secara prominent lebih menghasilkan sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek yang tinggi. Sedangkan pada tampilan merek secara subtle akan lebih menghasilkan niat beli yang lebih tinggi. Pada penggunaan scarcity appeals juga ditemukan terdapat perbedaan pada sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek dan niat beli. Excess demand menghasilkan sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek dan niat beli yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan limited supply. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi scarcity appeals dan brand prominence memiliki perbedaan yang signifikan pada sikap terhadap merek, namun tidak pada sikap terhadap iklan dan niat beli. Selain itu, dalam penelitian terbukti bahwa sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek berpengaruh positif terhadap niat beli, sesuai dengan penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.313/17 Tya p
Uncontrolled Keywords: Fast fashion, scarcity appeals, brand prominence, sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, niat beli, MANOVA, regresi linier berganda.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTRI NURFA AYUNING TYAS, 041311233278UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSony Kusumasondjaja, S.E., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:41
Last Modified: 17 Jan 2018 19:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item