INTERAKSI PARASOSIAL PADA PENGGEMAR IKA NATASSA DI MEDIA SOSIAL TWITTER DAN INSTAGRAM

DANIA PUTRI CHAHYANING RAHAYU, 041311233022 (2017) INTERAKSI PARASOSIAL PADA PENGGEMAR IKA NATASSA DI MEDIA SOSIAL TWITTER DAN INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.314.17 . Rah.i - ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.314.17 . Rah.i - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi internet saat ini melahirkan media baru seperti media sosial. Pemasar yang mulai aktif menggunakan media sosial sebagai media komunikasi mereknya tidak hanya pemasar dari produk-produk yang dihasilkan perusahaan-perusahaan besar saja, namun juga para pelaku industri kreatif yang memasarkan diri mereka sendiri (human brand) dan karya mereka. Salah satu pelaku industri kreatif yang menggunakan media sosial untuk memasarkan karyakarya mereka serta menjalin hubungan dengan penggemar adalah seorang penulis novel bernama Ika Natassa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai fenomena interaksi parasosial yang terjadi pada penggemar Ika Natassa dan implikasi pemasaran yang terjadi oleh adanya fenomena interaksi parasosial dalam media sosial Instagram dan Twitter. Dari penjelasan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksploratif dan menggunakan metode phenomenology. Data diperoleh dengan melakukan photo elicitation interview kepada delapan orang penggemar Ika Natassa di Surabaya. Kedelapan orang penggemar yang menjadi narasumber diperoleh dengan menggunakan metode purposive convenience sampling dan snowball sampling. Hasil wawancara ditranskripsikan secara verbatim transctiption untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan thematic analysis untuk mendapatkan insight mengenai interaksi parasosial pada penggemar Ika Natassa di media sosial Twitter dan Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.314/17 Rah i
Uncontrolled Keywords: Interaksi Parasosial, Human Brand, Penggemar, Photo Elicitation Interview
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DANIA PUTRI CHAHYANING RAHAYU, 041311233022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSony Kusumasondjaja, S.E., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:42
Last Modified: 17 Jan 2018 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65477
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item