ANALISIS KONSUMSI BARANG MEWAH: PENGARUH DIMENSI SELF CONCEPT TERHADAP NARROW TRAITS,DAN SIKAP ATAS BANDWAGON DAN SNOB LUXURY CONSUMPTION

CLAUDIA CECILIA TIFANI, 041211231260 (2017) ANALISIS KONSUMSI BARANG MEWAH: PENGARUH DIMENSI SELF CONCEPT TERHADAP NARROW TRAITS,DAN SIKAP ATAS BANDWAGON DAN SNOB LUXURY CONSUMPTION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.319.17 . Tif.a - ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.319.17 . Tif.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permintaan barang mewah yang semakin meningkat di masyarakat membuat klasifikasi terhadap barang mewah semakin beragam. Saat ini terdapat beberapa klasifikasi barang mewah sepertisuperpremium luxury goods, old-luxury brand extensions, dan mass prestige atau “masstige”. Dalam penelitian ini berfokus pada barang mewah mass prestige dimana barang mewah ini memiliki nilai prestige yang tidak kalah dari kategori barang mewah lain namun dari segi harga jauh lebih terjangkau oleh semua kalangan masyarakat terlebih lagi bagi anak muda sehingga peminatnya sangat banyak. Penelitian ini menganalisis bagaimana konsep diri seseorang dapat mempengaruhi karakteristik seperti kepekaan konsumen terhadap pengaruh normatif, kebutuhan konsumen terhadap keunikan, dan pencarian status yang nantinya akan mendorong kecendrungan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi barang mewah apakah termasuk dalam bandwagon atau snob luxury consumption. Penelitian ini dilakukan dengan metode Structural Equation Model melalui PLS. Total responden dalam penelitian ini adalah 200 konsumen kosmetik mass prestige. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa konsumen yang memiliki konsep diri interdependen cendrung mudah terpengaruh oleh preferensi lingkungan dan ikut-ikutan dalam mengkonsumsi barang mewah. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumen yang memiliki konsep diri independen cendrung menyukai sesuatu yang unik dan berbeda namun menghindari untuk berperilaku snob luxury consumption.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.319/17 Tif a
Uncontrolled Keywords: Mass prestige, konsep diri, kepekaan konsumen terhadap pengaruh normatif, kebutuhan konsumen terhadap keunikan, pencarian status, bandwagon luxury consumption, snob luxury consumption.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CLAUDIA CECILIA TIFANI, 041211231260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof., SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:45
Last Modified: 17 Jan 2018 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item