ANALISIS PERILAKU AMAN PADA TENAGA KERJA DENGAN METODE ABC (ANTECEDENT-BEHAVIOR-CONSEQUENCE) (Studi di Bagian Food Production – 2 / EMP PT. Ajinomoto Indonesia, Mojokerto Factory)

LUTHFI RIZKY AFFANDHY, 151411713054 (2017) ANALISIS PERILAKU AMAN PADA TENAGA KERJA DENGAN METODE ABC (ANTECEDENT-BEHAVIOR-CONSEQUENCE) (Studi di Bagian Food Production – 2 / EMP PT. Ajinomoto Indonesia, Mojokerto Factory). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.01 17 Aff a.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.01 17 Aff a.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menurunkan kecelakaan kerja ialah dengan menerapkan program BBS dan bertujuan untuk mengubah perilaku tidak aman menjadi perilaku aman. Perilaku tidak aman dapat terjadi karena ketidaktahuan, ketidakmauan atau ketidakmampuan tenaga kerja untuk berperilaku aman. Oleh karena itu analisis perilaku aman menggunakan model perilaku ABC (Antecedent, Behavior, Consequence) akan dilakukan untuk mengoptimalkan upaya pencegahan kecelakaan kerja. Analisis ABC membantu dalam mengidentifikasi cara-cara untuk mengubah perilaku dengan memastikan keberadaan antecedent yang tepat dan consequence untuk mendukung perilaku yang diharapkan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku aman pada tenaga kerja dengan metode ABC. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh tenaga kerja (N=32) di bagian Food Production – 2 / EMP PT. Ajinomoto Indonesia, Mojokerto Factory dan sampel penelitian adalah total populasi. Variabel penelitian adalah antecedents seperti pengetahuan tentang faktor bahaya dan perilaku aman, awareness/kesadaran, kebutuhan selamat, peran manajemen, dan peraturan perusahaan tentang K3), behavior, dan consequence seperti penguatan positif dan hukuman. Data didapatkan dengan cara wawancara, pengisian kuesioner, dan observasi secara langsung kepada tenaga kerja. Data yang didapat kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cross-tabulation.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.01/17 Aff a
Uncontrolled Keywords: model ABC, pekerja bagian produksi, perilaku aman
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
LUTHFI RIZKY AFFANDHY, 151411713054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Nov 2017 22:58
Last Modified: 02 Nov 2017 18:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item