PRESENTASI TOKOH PEREMPUANDALAM CERITA HOROR PADA KUMPULAN CERPEN MAGI PEREMPUAN DAN MALAM KUNANG-KUNANG KARYA GUNTUR ALAM

Puasa Retno Safitri, 121211133063 (2017) PRESENTASI TOKOH PEREMPUANDALAM CERITA HOROR PADA KUMPULAN CERPEN MAGI PEREMPUAN DAN MALAM KUNANG-KUNANG KARYA GUNTUR ALAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 81-17 Saf p Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 81-17 Saf p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul“Presentasi Tokoh Perempuan dalam Cerita Horor pada Kumpulan Cerpen Magi Perempuan Dan Malam Kunang- Kunang Karya Guntur Alam” yang bertujuan (1) untuk menghadirkan penokohan perempuan dalam cerita horor pada kumpulan cerpen tersebut (2) membuktikan kehadiran horor yang sebenarnya terjadi (3) Terakhir penelitian ini membuktikan makna presentasi tokoh perempuan dalam cerita horor yang menghasilkan cerita horor yang sebenarnya. Metode penelitian ini adalah memanfaatkan pemaparan teori Kritik Sastra Feminis terkait pembedahannya atas tokoh perempuan dalam ceritahoror. Dalam teori kritik sastra feminis akan digunakan feminissosialis untuk membuktikan presentasi tokoh perempuan yang hadir dalam cerita horor. Setelah tahapan metode tersebut akan diuraikan pemaparan mengenai makna presentasi perempuan dalam cerita horror pada kumpulan cerpen Magi Perempuan Dan Malam Kunang-Kunang hingga terbuktinya kejadian yang sebenarnya terjadi. Hasil penelitian ini adalah bahwa kumpulan cerpen Magi Perempuan Dan Malam Kunang-Kunang Karya Guntur Alam adalah mengingatkan kembali bahwa perempuan dan lak-laki adalah dua manusia yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan hidup yang sama layaknya. Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan dan memahami tentang hasil makna presentasi tokoh perempuan dalam cerita horor yang tersembunyi dan tidak dipublikasikan kejadian sebenarnya. Bahwa penindasan terhadap perempuan dapat ditutupi dengan cerita atau peristiwa horor yang kemudian menimbulkan perlawanan dari tokoh perempuan untuk mendapatkan kesetaraan dan pengakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.81/17 Saf p
Uncontrolled Keywords: Cerpen, Kritik Sastra Feminis, Presentasi. Penokohan, Perlawanan, Horor, dan Penindasan
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Puasa Retno Safitri, 121211133063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBramantio, S.S., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 16:57
Last Modified: 01 Jan 2018 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item