TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KERJA AREA WO PLANT TENTANG APAR SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN DI PT. DUNIA KIMIA JAYA GRESIK

NOVI VIRDA DAMAYANTI, 151411713040 (2017) TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KERJA AREA WO PLANT TENTANG APAR SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN DI PT. DUNIA KIMIA JAYA GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.20 17 Dam t.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.20 17 Dam t.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

APAR merupakan pertahanan pertama terhadap kebakaran dan sangat efektif bila ditemukan saat kebakaran masih berada pada tahap awal. Pemasangan APAR yang tepat, pemeliharaan APAR yang benar dan penggunaan APAR yang baik didukung oleh pengetahuan tenaga kerja, dapat memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan yang dimiliki tenaga kerja PT. Dunia Kimia Jaya Gresik tentang APAR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian antara lain kebijakan, ketersediaan fasilitas, pemasangan dan pemeliharaan APAR, karakteristik individu, pelatihan dan pengetahuan. Data primer diperoleh dari tanya jawab menggunakan kuesioner dan observasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang tersedia di PT. Dunia Kimia Jaya Gresik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dalam bentuk narasi dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Dunia Kimia Jaya Gresik memiliki kebijakan perusahaan mengenai APAR yang berisi tata cara pemasangan dan pemeliharaan serta instruksi kerja penggunaan APAR. Pelaksanaan pemasangan dan pemeliharaan APAR terdapat 18 buah APAR yang telah memenuhi seluruh syarat untuk 12 buah APAR belum memenuhi seluruh syarat pemasangan dan pemeliharaan APAR. Responden paling banyak berusia 30 – 40 tahun (66,7%), tingkat Pendidikan SMA/SMK (50%), masa kerja >10 tahun (50%). Responden dengan tingkat pengetahuan sangat baik paling banyak berusia 36 – 40 tahun (33,3%), tingkat Pendidikan Diploma (33,3%) dan masa kerja >10 tahun (33,3%). Sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik (66,7%), seluruh tenaga kerja sudah mendapatkan pelatihan dan ketersediaan APAR termasuk dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.20/17 Dam t
Uncontrolled Keywords: APAR, pencegahan kebakaran, pengetahuan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
NOVI VIRDA DAMAYANTI, 151411713040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Nov 2017 17:52
Last Modified: 02 Nov 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item