PENGARUH INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

ELSA NADIA TARI, 041311333036 (2017) PENGARUH INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 330-17 Tar p Abstrak.PDF

Download (652kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 330-17 Tar p Sec.PDF
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diberlakukan pada awal tahun 2016 menyebabkan persaingan usaha di Indonesia semakin ketat. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk membentuk suatu kemampuan berinovasi guna mencapai sumber daya yang unik dan unggul sehingga keunggulan kompetitif dapat tercapai. Ketika perusahaan melakukan inovasi, maka akan tercipta produkproduk baru sehingga menyebabkan peningkatan konsumsi bahan baku yang berdampak pula terhadap peningkatan hasil samping dan limbah oleh perusahaan yang akan memengaruhi kinerja lingkungan perusahaan. Atas hal tersebut perusahaan harus bertindak secara efisien. Efisiensi dapat tercapai ketika perusahaan melakukan inovasi terhadap proses serta sumber daya manusia yang mengelola. Apabila efisiensi tercapai, maka terjadi pengurangan biaya operasional sehingga laba yang diterima oleh perusahaan semakin meningkat. Peningkatan laba yang diterima oleh perusahaan akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganilisis pengaruh inovasi terhadap kinerja perusahaan dengan kinerja lingkungan sebagai variabel mediasi pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2015. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah 689 data. Berdasarkan kriteria populasi yang ditetapkan, metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian 100 data perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan SPSS AMOS Ver 20.0 sebagai alat pengolahan data. Temuan penting penelitian adalah inovasi berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Berbanding terbalik dengan temuan tersebut, inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja lingkungan perusahaan. Kinerja lingkungan juga berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Selanjutnya, kinerja lingkungan terbukti memediasi pengaruh antara inovasi terhadap kinerja perusahaan dan terbukti positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A.330/17 Tar p
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Kinerja Perusahaan, Kinerja Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELSA NADIA TARI, 041311333036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Zaenal Fanani, Dr. . S.E., MSA.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 17:30
Last Modified: 01 Jan 2018 17:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item