PENGARUH MENDONGENG PADA KONDISI NYERI PENDERITA LEUKEMIA DI RUANG RAWAT INAP HEMATOLOGI ONKOLOGI ANAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

Ida Ayu Putu Asthi D, 011181807 (2017) PENGARUH MENDONGENG PADA KONDISI NYERI PENDERITA LEUKEMIA DI RUANG RAWAT INAP HEMATOLOGI ONKOLOGI ANAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (full text)
Penelitian akhir dr. Asthi.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Kanker yang paling sering ditemukan pada anak adalah Leukemia. Prevalensi penderita leukemia yang dirawat di RSUD Dr Soetomo sebesar 50% dimana jumlah penderita leukemia terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu gejala yang dirasakan pada anak dengan leukemia adalah nyeri. Kondisi nyeri pada anak yang dirasakan akan berpengaruh secara emosional, fisik, kognitif, dan sosial. Metode bermain diantaranya mendongeng dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan koping yang adaptif, mengalihkan rasa sakitnya (distraksi) pada permainannya dan relaksasi melalui kesenangannya sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dengan meningkatkan efektivitas terapi farmakologis. Tujuan: Mengetahui pengaruh mendongeng terhadap kondisi nyeri pada leukemia anak yang dirawat di Ruang Rawat Inap Hematologi Onkologi Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental klinis. Leukemia anak diukur skala nyerinya menggunakan Wong Baker Pain Scale. Subyek yang memenuhi kriteria inklusi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan akan mendapatkan mendongeng dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik komparasi uji Chi Square dan uji Mann-Whitney dengan α=0,05. Hasil Penelitian: Didapatkan 24 subyek yang mengikuti prosedur penelitian, dibagi secara acak ke dalam kelompok kontrol (n=12) dan kelompok perlakuan (n=12). Pengukuran tingkat nyeri setelah mendongeng pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan didapatkan perbedaan yang bermakna (p=0,002).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ 11/17 Ida p
Uncontrolled Keywords: Leukemia, nyeri leukemia, mendongeng
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsEmail
Ida Ayu Putu Asthi D, 011181807UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Warsiki, Prof.,dr.,SpKJ(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:55
Last Modified: 02 Nov 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item