EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG TEMU PUTIH (Curcuma zedoaria (Berg) Roscoe) DALAM MENURUNKAN RASA NYERI PADA PENDERITA LOW BACK PAIN (NYERI PINGGANG)

AMELIA ITTIHAADA, 151510483034 (2017) EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG TEMU PUTIH (Curcuma zedoaria (Berg) Roscoe) DALAM MENURUNKAN RASA NYERI PADA PENDERITA LOW BACK PAIN (NYERI PINGGANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV PT 05-17 Itt e Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV PT 05-17 Itt e Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas ekstrak rimpang temu putih dalam menurunkan rasa nyeri pada penderita low back pain di wilayah binaan Puskesmas Pucang Sewu Surabaya. Low back pain merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. Low back pain merupakan manifestasi keadaan patologik yang dialami oleh jaringan atau alat tubuh bagian punggung bawah. Rimpang temu putih secara empiris digunakan sebagai obat analgesik dan anti inflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian peroral ekstrak rimpang temu putih dengan dosis 550 mg diminum 2 kali sehari selama 7 hari untuk menurunkan rasa nyeri pada penderita low back pain. Metode penelitian eksperimental ini menggunakan dua kelompok subjek, kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan jumlah penderita low back pain akut sejumlah 20 orang. Sebelum dan sesudah perlakuan dilakukan straight leg test dan data yang didapat dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rasa nyeri pada penderita low back pain secara signifikan dengan p < 0,05. Jadi kelompok kontrol dibanding dengan kelompok perlakuan menunjukan hasil berbeda secara signifikan P < 0,05, lebih efektif temu putih daripada piroxicam dalam menurunkan rasa nyeri pada penderita low back pain. Berdasarkan hasil penelitian ini rimpang temu putih dapat menurunkan rasa nyeri pada penderita low back pain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV.PT.05/17 Itt e
Uncontrolled Keywords: low back pain, analgesik, straight leg test, temu putih (Curcuma zedoaria).
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Pengobatan Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
AMELIA ITTIHAADA, 151510483034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArijanto Jonosewojo, dr., Sp.PD., FINASIMUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Agus Sudjarwo, Prof. , drh., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 18:38
Last Modified: 01 Jan 2018 18:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item